Notification

×

Iklan

Iklan

Kerendahan Hati Bupati JG, Kembali Terekam Kamera Wartawan, Melayani Masyarakat di Pasar Murah

Rabu, 11 Oktober 2023 | 10:48 WIB Last Updated 2023-10-12T03:05:04Z


MINUT KOMENTAR-Guna memenuhi kebutuhan bahan pokok bagi masyarakat, sekaligus upaya mengendalikan inflasi, Pemerintah Kabupaten Minut menggelar sebuah keguatan bernama pasar murah di Desa Kema pada hari Rabu (11/10/2023).



Menariknya, kegiatan yang digagas Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID), Forkopimda, dan Pihak Bulog itu dihadiri langsung oleh Bupati pilihan rakyat Kabupaten Minut Joune J.E. Ganda. S.E. MAP. MM. M.Si.



Tidak hanya itu, saat menghadiri kegiatan sosial itu, Bupati Joune Ganda terlihat ikut melayani masyarakat, ibarat seorang pedagang disebuah warung, menerima uang masyarakat yang hendak membeli lalu menyerahkan bahan pokok yang dibutuhkan oleh setiap pembeli.



Dari pantauan wartawan, terlihat jelas kerendahan hati seorang Bupati yang mau melayani masyarakat dalam kondisi apapun sebagai gambaran kecintaan Bupati terhadap masyarakatnya di Kabupaten Minut.


Operasi pasar murah itu dimaksudkan untuk memantau harga kebutuhan pokok serta memastikan ketersediaan pangan tetap terjaga.




Pemerintah juga menyediakan bahan pokok seperti beras, minyak, dan gula pasir dengan harga terjangkau yang dijual di pasar murah. Harga-harga tersebut juga dipastikan di bawah harga pasar untuk meringankan beban masyarakat guna memenuhi kebutuhan sehari-hari.




Selain itu, para pedagang yang berpartisipasi dalam pasar murah turut didata oleh petugas pasar.




Mereka diberikan barcode agar proses penagihan dapat dilakukan dengan lebih efisien. Petugas pasar hanya perlu melakukan pemindaian barcode untuk memperoleh informasi tentang barang yang dibeli oleh konsumen.




Pada kesempatan tersebut, Bupati Joune Ganda juga memberikan perhatian terhadap penggunaan mPOS (mobile point of sale) berbasis android dalam penarikan retribusi. Hal ini bertujuan untuk mempercepat proses pembayaran dan administrasi di pasar.




Setiap kali terjadi transaksi langsung terlapor di dashboard kantor pusat Perumda Klabat. Hal itu sekaligus  memastikan transparansi dan akuntabilitas yang lebih baik.




“Dengan adanya upaya ini, masyarakat Kabupaten Minahasa Utara diharapkan dapat lebih mudah mengakses kebutuhan harian dengan sistem yang canggih. Dalam era digitalisasi saat ini, kemudahan akses dan penggunaan teknologi diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,”ungkap Bupati Joune Ganda.


Dewi Wenas

×
Berita Terbaru Update