Notification

×

Iklan

Iklan

Sualang Buka Langsung Asesmen ANBK Di-SMP Negeri I Manado

Selasa, 19 September 2023 | 09:12 WIB Last Updated 2023-09-19T01:12:16Z

 



MANADOKOMENTAR -  Senin18/9, Bertempat di SMP Negeri I Manado, Wakil Walikota Manado Dr.Richard Sualang membuka secara langsung Asessmen Nasional Berbasis Komputer(ANBK) khusus tingkat SMP gelombang pertama.


Pada kesempatan itu, Wakil Walikota, Richard Sualang mengatakan, dengan adanya program dari Pemerintah tentang Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam kurikulum Merdeka ini, bisa lebih menguatkan serta mengerti akan arti dari Pancasila.

Diharapkan dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila bisa belajar makna dari Pancasila sejak di kelas VI ini dan para siswa kelas VI di SMPN 1 Manado sudah hafal dengan lima sila yang ada di Pancasila. Karena itu, adalah dasar dari negara kita Indonesia,”ungkap Sualang

Wakil Walikota Sualang berpesan apabila adik – adik siswa SMP Negeri 1 Manado menjadi orang besar, jangan lupa dengan dasar negara kita dimanapun berada, harus menjadi warga negara yang Pancasilais.

Kerena mata pelajaran pendidikan Pancasila para siswa bisa belajar secara tekun agar bisa menjadi siswa yang Pancasilais.

“Dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila kita bisa belajar makna dari Pancasila sejak di kelas VII ini bagi siswa kelas VII di SMPN 1 Manado sudah hafal dengan lima sila yang ada di Pancasila”Pungkas Wawali Sualang

Sementara itu Kepala SMPN 1 Manado, Drs. Salmon C. Rosang, MM. mengatakan, ANBK merupakan program dari Kemendikbud untuk evaluasi peningkatan mutu pendidikan di Indonesia dengan memotret input, proses, dan output pembelajaran di seluruh tingkat pendidikan, Jelas Rosang.

Rosang menambahkan tujuan dari ANBK untuk mengukur kompetensi dasar dan kompetensi khusus siswa sesuai dengan Kompetensi dasar meliputi kemampuan literasi, numerasi, dan ilmiah, sedangkan kompetensi khusus meliputi kemampuan berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif.

Turut hadir dalam pembukaan ANBK di SMP Negeri 1 Manado, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Manado, Triana Landria Almas, S.STP, M.Si dan Kepala Bidang Pembinaan TK/PAUD, Piter A. Mauru M.Ap. ( Jovan)

×
Berita Terbaru Update