Notification

×

Iklan

Iklan

Hadapi Demonstran Di DPRD Bitung, Rudi Theno : Pemda Salurkan Bantuan Dan Konsisten Relokasi Pedagang

Senin, 18 September 2023 | 23:56 WIB Last Updated 2023-09-19T08:35:03Z
Sekda Bitung Ir. Ign Rudi Theno S.T.,M.T Usai menerima Demonstran dikantor DPRD Bitung

BITUNG KOMENTAR - Pedagang Korban kebakaran di lokasi Kanopi Pusat Kota, Kelurahan Bitung Tengah, Kecamatan Maesa, dipastikan segera menerima Bantuan sebesar (5 ) juta rupiah dari Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung.  


Penegasan ini diutarakan Sekretaris Daerah (Sekda) Ir. Ign. Rudi Theno S.T.,M.T, usai menerima ratusan Pedagang Pasar Korban kebakaran, dalam aksi damai menyampaikan aspirasi, diruang paripurna, Kantor DPRD Kota Bitung, Senin, (18/09/03). 


Menurut Theno, bantuan ini adalah komitmen pemerintah kota dalam penanganan pasca bencana, dikawasan Kanopi. Bantuan ini juga sekaligus meluruskan berbagai keluhan pedagang, yang menilai bahwa pemerintah lamban dalam membantu pedagang. 


Dia menjelaskan, nantinya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) akan memproses dana sebesar 5 juta itu untuk disalurkan kepada korban kebakaran.


“ Keputusan pertemuannnya sudah final, dan Pemerintah segera menyalurkan dana bencana sebesar 5 Juta melalui BPBD”, Pungkas Rudi Theno.


Pada kesempatan itu Rudi Theno juga menegaskan bahwa terkait relokasi, maka pemerintah tetap konsisten untuk memindahkan 78 pedagang ke pasar rakyat pateten. 


“ pemerintah tetap konsisten merelokasi pedagang ke pasar rakyat pateten “, Tambah Rudi Theno. 


Terpisah Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bitung Fifi Kadeke menguraikan, bahwa bantuan ini sudah berproses. Data yang sudah diputuskan sebagai penerima bantuan adalah 109 pedagang korban. 


 “ sesuai Surat Keputusan (SK) yang akan menerima bantuan sebanyak 109 pedagang. " ungkap Fifi.


Penyaluran akan dilakukan langsung ke pedagang melalui rekening masing-masing.   Kadeke menjelaskan bahwa, bantuan 5 juta akan dibagi 2 kategori yaitu 3 juta dalam bentuk modal dan 2 juta relokasi. 


Diketahui, sebelumnya ratusan Pedagang korban kebakaran mendatangi kantor DPRD Bitung. Mereka diterima sejumlah anggota DPR, diantaranya Keegan Kojoh, Edwin Wurangian, Glenn Lomban, Boy Gumolung, dan Hassan Suga. 


Dalam aspirasinya, mereka mendesak pemerintah dan Kepolisian memastikan penyebab kebakaran, mempertanyakan bantuan penanggulangan pasca kebakaran, dan Menolak Relokasi dipasar rakyat Pateten. ***


×
Berita Terbaru Update