Notification

×

Iklan

Iklan

Audiensi dengan Menteri I-BPKM, Bupati JG Paparkan Peningkatan Investasi Kabupaten Minut

Senin, 11 September 2023 | 21:04 WIB Last Updated 2023-09-11T13:04:55Z


JAKARTA KOMENTAR-Bupati  Minahasa Utara Joune J.E. Ganda,S.E. M.A.P. M.M. M.Si, Audiensi dengan Kementerian Investasi/BPKM, di Kawasan Bisnis SCBD Jakarta Senin, (11/09/2023).




Dalam pertemuan itu, Bupati pilihan rakyat Kabupaten Minahasa Utara itu, memaparkan Ekspose capaian realisasi investasi Kabupaten Minahasa Utara tahun 2023.




Didampingi Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Minut  Richard J.H. Dondokambey, SSTP, Bupati Joune Ganda diterima langsung oleh Menteri Investasi/BPKM Bahlil Lahadalia, diruang kerjanya.




Pertemuan tersebut berlangsung  dengan suasana penuh keakraban diiringi dengan tawa dan canda, sebab keduanya adalah sahabat lama dari Indonesia bagian timur.




Pertemuan Bupati Joune Ganda dengan sahabat lamanya itu, terkesan serius saling sharing tentang isu-isu ekomomi global, terlebih khusus Menteri Bahlil menyampaikan 

isu dan strategi kedepan dalam menghadapi krisis global melalui investasi dan penanaman modal, salah satunya dengan memperkuat investasi di daerah.




Bupati Minahasa Utara Joune Ganda lalu menyampaikan secara langsung capaian investasi di Kabupaten Minahasa Utara.




Dijelaskan Bupati JG, hingga semester 1 Tahun 2023, investasi di Kabupaten Minahasa Utara sudah menyentuh angka hampir 1 Triliun  (929,165 Milyar), 50.15% dari target Kementerian Investasi BKPM RI dan 67,42 % dari target RPJMD.



Lanjut dijelaskan Bupati,  ditahun sebelumnya yakni tahun 2022, realisasi investasi Minahasa Utara mencapai 2,43 Triliun, 101,52% dari target nasional dan 185,71% dari target RPJMD. 




" Atas capaian nilai transaksi investasi 

diatas, maka Kabupaten Minahasa Utara di berada pada Peringkat ke-1 capaian investasi dari Kabupaten/Kota se-Sulawesi Utara" tandas Bupati.




Hal itu kata Bupati Joune Ganda, tidak lepas dari kerja yang baik dari OPD serta suport yang terus dia berikan kepada OPD terkait khususnya PTSP agar memberikan kemudahan kepada para calon investor yang akan berinvestasi di Minut dalam hal ini mempermudah sistim birokrasi yakni transparansi dan digitalisasi dengan tetap memperhatikan berbagai regulasi sebagai pijakan hukum baik investor maupun Pemerintah daerah.





"Selama memimpin Kabupaten Minahasa Utara, soal sektor investasi  menjadi salah satu prioritas program yakni dengan membuka peluang berinvestasi sesuai dengan potensi Sumber daya alam sesuai dengan kebijakan sustainable development

atau pembangunan yang berkelanjutan yakni mempertimbangkan aspek keselamatan lingkungan dan aspek strategis lainnya, " tandas Joune Ganda sambil metakin Menteri bahwa

fakta diatas menjadikan Kabupaten Minahasa Utara sebagai salah satu daerah yang aman dan kondusif dalam berinvestasi, dengan kata lain daerah primadona untuk berinvestasi.





Terbaru, berkat komitmen dan kesunggguhan Bupati Joune Ganda menjaga iklim investasi, Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara meraih REI Sulut Award III kategori Pemerintah Kabupaten/Kota dengan Pelayanan Perizinan Terbaik.




Adapun Penghargaan tersebut diberikan Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandouw, disusul penyerahan sertifikat oleh Ketua Umum REI Joko Suranto dan Ketua DPD REI Sulut Beniqno Polii  pada Musyawarah Daerah (Musda) Real Estate Indonesia (REI) Sulut ke-X dan REI Sulut Award III Tahun 2023, Selasa (5/9/2023) lalu di Luwansa Manado.




Dalam kunjungan dan audensi dengan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal itu, Bupati Minut Joune Ganda dalam kapasitasnya sebagai  Ketua bidang Politik dan Keamanan Asosiasi Pemerintah Kabupaten (Apkasi), turut memperkenalkan putri Otonomi Indonesia 2023 asal Minahasa Utara Elisha Lumintang.


Dewi Wenas


×
Berita Terbaru Update