Notification

×

Iklan

Iklan

Walikota-Wawali Manado AA-RS, Ikut Paripurna Mendengarkan Pidato Kenagaraan Presiden Jokowi

Rabu, 16 Agustus 2023 | 18:04 WIB Last Updated 2023-08-16T10:04:22Z


MANADO KOMENTAR-Walikota dan Wakil Walikota Manado Andrei Angouw san dr. Richard Sualang mendengarkan pidato kenegaraan Presiden RI Jokk Widodo lewat rapat paripurna di kantor DPRD Manado, Rabu (16/08/2023).



Pada kesempatan itu, Presiden Joko Widodo menyampaikan keterangan atas RUU tentang APBN T.A. 2024 serta Nota Keuangan pada rapat paripurna pembukaan masa persidangan I DPR-RI Tahun Sidang 2023-2024. 





Setelah dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua DPRD Kota Manado Ibu Nortje Van Bone, sidang Paripurna menyesuaikan dengan agenda sidang Paripurna DPR-RI pidato Presiden.

 





Presiden Joko Widodo mengawali sambutannya,  menyinggung mengenai penanganan  pandemi covid-19 diIndonesia.



Selanjutnya Jokowi menyampaikan tentang pertumbuhan ekononi yang berada diatas 5 persen. 



Sementata tingkat pengangguran dan kemiskinan mengalami penurunan pada maret tahun 2023. 



Pertumbuhan ekonomi di Indonesia kata Jokowi, telah menempatkan Indonesia naik kelas dan berada pada Negara menengah keatas.



 Presiden juga ikut memaparkan soal peningkatan PDRB dibandingkan beberapa negara lain didunia.



"Kemiskinan ekstrim, stunting dan berbagai tantangan global dan nasional harus kita jawab secara positif, "tegas Presiden.


Soal ekonomi makro, pertumbuhan ekonomi sebesar 5,2 persen. Implementasi Undang-Undang ikut disampaikan. 



Soal inflasi terus dijaga dimna nilai tukar rupiah tetap akan dijaga pada 14 - 15 ribu rupiah perdolar. 




Harga minyak mentah, gas bumi dll ikut disampaikan. APBN 2024 harus mampu menjawab tantangan dan dinamika pembangunan kedepan, tambah Presiden. 




APBN di design untuk menjawab tantangan kedepan lewat strategi jangka pendek dan strategi jangka menengah dengan berbagai agenda yang sudah disiapkan. 




Anggaran pendidikan disediakan sebesar 20 persen dari APBN serta pembiayaan lainnya. Anggaran Kesehatan 5,6 persen dari APBN. Dan yang ditunggu-tunggu adalah soal kenaikan Gaji ASN, TNI dan Polri yang oleh Presiden disampaikan sebesar 8 persen serta pensiunan sebesar 12 persen.




Setelah pemaparan secara umum soal situasi glonal dan nasional, Presiden menyampaikan Postur APBN 2024 khususnya anggaran belanja negara.




Rapat paripurna di hadiri Ketua DPRD Kota Manado Dra. Altje Dondokambey M.Kes.Apt.unsur pimpinan DPRD dan anggota Dewan Terhormat, Forkopimda Kota Manado, Sekretaris Pemerintah Kota Manado Bpk. Dr. Micler C.S. Lakat S.H.M.H Kepala SKPD, Staf Ahli Wali Kota, Staf Khusus Wali Kota, KPU Manado, Bawaslu Manado, Camat dan pejabat Struktural lainnya, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.



Setelah Sidang Umum DPR RI selesai, rapat paripurna DPRD Kota Manado kemudian ditutup secara resmi.


Jose


×
Berita Terbaru Update