Notification

×

Iklan

Iklan

Rapat Paripurna DPRD, Bupati Minahasa Royke Roring Dengarkan Pidato Kenegaraan Presiden Jokowi

Rabu, 16 Agustus 2023 | 20:40 WIB Last Updated 2023-08-16T12:40:42Z


MINAHASA KOMENTAR -
Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia (RI), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa menggelar Rapat Paripurna dalam rangka mendengarkan pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo, Senin (16/8/2023) di Gedung DPRD Minahasa.



Rapat Paripurna dihadiri Bupati Minahasa Royke Octavian Roring bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Minahasa, diikuti Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Minahasa, Lynda D. Watania, dan para asisten serta kepala OPD. 



Kegiatan dipimpin Ketua DPRD Minahasa Glady Kandouw, didampingi Wakil Ketua Oktesy Runtu, dan Denny Kalangi, diikuti seluruh anggota dewan.


Presiden Joko Widodo (Jokowi), dalam sambutannya menyampaikan bahwa Indonesia harus menjadi negara yang mampu mengolah sumber dayanya, juga mampu memberikan nilai tambah untuk mensejahterakan rakyatnya, hal ini bisa dilakukan melalui hirilisasi atau proses pengolahan menjadi barang siap pakai.


Ia pun mengajak seluruh elemen bangsa untuk menyongsong momentum kemerdekaan Indonesia dengan semangat kemajuan. Sebab, kata Jokowi, Negara ini memiliki potensi besar untuk meraih Indonesia Emas 2045 dan menjadi kekuatan 5 besar ekonomi dunia.


Dalam kesempatan itu, Jokowi juga menyoroti pelung besar dari bonus demografi terhadap perekomonian di Indonesia.


"Bonus demografi yang akan mencapai puncak di Tahun 2030-an adalah peluang besar kita untuk meraih Indonesia Emas 2045, 68% adalah penduduk usia produktif. Disinilah kunci peningkatan produktivitas nasional kita,"


Selanjutnya, peluang besar yang kedua adalah kepercayaan internasional yang dimiliki Indonesia saat ini, yang dibangun bukan sekedar melalui retorika semata.


"Melainkan melalui sebuah peran dan bukti nyata keberanian Indonesia dalam bersikap," ujar Presiden.


Presiden Jokowi melanjutkan, hal itu tercermin dari momentum Presidensi Indonesia di G20, Keketuaan Indonesia di ASEAN dan konsistensi dalam menjunjung HAM kemanusiaan dan kesetaraan, serta kesuksesan menghadapi krisis dunia dalam 3 tahun terakhir, yang menempatkan Indonesia kembali dalam peta percaturan dunia.


Sementara itu, strategi untuk memanfaatkan peluang tersebut adalah dengan mengembangkan sumber daya manusia (SDM) berkualitas dan kompetitif.


"Kekayaan sumber daya alam saja tidak cukup. Kita juga harus memiliki SDM yang berkualitas. Harus melaju untuk Indonesia Maju. Dirgahayu NKRI, Dirhahayu Negeri Pancasila. Merdeka, Merdeka!" Kata Jokowi mengakhiri sambutannya.


Sementara, Bupati Royke Roring mengatakan, pada agenda hari ini presiden RI juga menjelaskan terkait dengan Visi dan misi yang disampaikan oleh pemerintah pusat harus sama narasinya, menjadi satu kesatuan, berkolaborasi antara pemerintah dengan forkopimda, DPRD Minahasa untuk menjaga stabilitas, meningkatkan pembangunan, dan melaksanakan momentum kebangsaan dengan penuh rasa hikmat.


"Kepada Forkopimda, jajaran Pemkab Minahasa atas kerjasamanya selama ini dan di HUT Kemerdekaan Republik Indonesia, saya ucapkan dan penghargaan yang setinggi - tingginya, serta ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat Minahasa yang secara bersama-sama telah ikut serta dalam mewujudkan Kabupaten Minahasa yang lebih baik dan maju dalam segala bidang," ujarnya.


"Semoga pada Hari Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia ini, semakin membuka jalan yang lebih lebar bagi kejayaan dan kemajuan bangsa dan terus melaju untuk Indonesia maju," kata Bupati Royke Roring menambahkan. (Nes)

×
Berita Terbaru Update