Notification

×

Iklan

Iklan

PLUT Diresmikan Bitung Hebat Bergema, Maurits Mantiri Minta Berfungsi Optimal Untuk Dunia Usaha

Jumat, 18 Agustus 2023 | 16:37 WIB Last Updated 2023-08-18T20:11:50Z
Walikota Dan Kadiskop UMKM Sulut Acungkan Jempol dan Pimpin Sorakan 
"Bitung Hebat"

BITUNG - Sorakan "Bitung  Hebat" Bergema dihalaman Gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu - PLUT, menandakan penantian panjang pelaku Usaha Kota Bitung untuk menikmati fasilitas layanan usaha terpadu, akhirnya berakhir. 


Secara resmi Walikota Bitung Ir. Maurits Mantiri MM dan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Propinsi Sulut Ir. Ronald Sorongan, menggunting pita tanda beroperasinya bangunan penunjang sektor UMKM, dalam rangkaian peringatan Hari UMKM Nasional ke 8, dikawasan PLUT Pasar Sagerat Bitung, Kecamatan Matuari, Jumat (18/08/03).  


Walikota Bitug Ir. Maurits Mantiri MM


Dalam sambutannya Walikota Bitung menyatakan harapan agar bangunan PLUT yang merupakan hasil bantuan dari Kementrian Koperasi dan UMKM ini, dapat mengembangkan potensi Koperasi dan UMKM di Kota Bitung. Walikota Bitung juga menyampaikan bagaimana beberapa UMKM di Bitung yang mampu mengembangkan usaha untuk ekspor dengan memanfaatkan website dan jejaring sosial.


“ Semoga Bisa mendorong pengembangan usaha kecil menengah, menjawab tantangan kompetitor secara digital tanpa batas”, Ungkap Walikota. 


Sementara kepala Dinas Koperasi dan UKM Daerah Provinsi Sulawesi Utara, Ir.Ronald Sorongan, M.Si, mengawali sambutan dengan laporan. Dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan untuk UMKM terbaik tingkat Provinsi Sulawesi Utara yaitu Kota Tomohon dengan (The Most Sustainable Masarang Organic), Kabupaten Minahas dengan (ELGANTZ88), dan Kota Bitung dengan (Lamadang) , serta seluruh UMKM perwakilan Kabupaten Kota di Sulawesi Utara. 

UKM Penerima Sertifikat Terbaik


Selain itu, sejumlah pelaku usaha juga diserahkan nomor induk berusaha (NIB), yang merupakan syarat dunia usaha yang terintegrasi secara digital, Kredit Usaha Rakyat, Buku Tabungan, dan Qris oleh BRI. 
Usai peresmian secara simbolis dengan gunting pita, juga dilakukan peninjauan Fasilitas Gedung PLUT, yang terdiri dari dua lantai. Dengan fasilitas untuk pelatihan, produksi, ruang rapat, perpustakaan, inkubator kuliner dan kriya, ruang agribisnis, pelatihan foto dan video, ruang digital yang telah dilengkapi dengan peralatan yang dibutuhkan.


Peresmian PLUT diakhiri dengan Talkshow dengan Tema Transformasi UMKM untuk masa depan, dengan narasumber Kepala Dinas Koperasi dan UKM Daerah Provinsi Sulawesi Utara Ir. Ronald T.Sorongan, M.Si, Asisten Manager Bank Indonesian Sulut Ibu Vira, Small Business Manager Bank Rakyat Indonesia Cabang Bitung Bpk. Jerry Saluman. 


Hadir mengikuti peresmian PLUT, Asisten III, Kadis Koperasi dan UKM Daerah Propinsi beserta jajaran, Kadis Koperasi Dan UKM Bitung beserta jajaran, Perwakilan Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Kota Propinsi Sulawesi Utara, Pelaku Usaha dari Bitung dan UMKM kabupaten Kota Sulut, Kadis Sosial, Kadis Kominfo Bitung, Dinas Perdagangan, Bagian Perekonomian, Tokoh Agama, Camat Matuari, Asisten Direktur KPW Bank Indonesia Sulut, Funding Manager Bank Rakyat Indonesia Cabang Bitung beserta jajaran, Pegadaian, Bulog, Staff Khusus dan Tim percepatan, tamu undangan****. 

×
Berita Terbaru Update