Notification

×

Iklan

Iklan

Pasar Cita Resmi Beroperasi, Puluhan Pedagang Basah Gunakan Lantai Dasar Gedung Baru

Sabtu, 26 Agustus 2023 | 12:08 WIB Last Updated 2023-08-27T04:03:55Z
Aktivitas Lantai Dasar Gedung Baru Pasar Cita Modern Pusat Kota (26/08)

BITUNG KOMENTAR - Pasar Cita Modern Pusat Kota resmi dimanfaatkan pedagang, dan beroperasi dikota Bitung, sabtu (26/08). 


Meski sempat menghadapi polemik dengan berbagai aspirasi pedagang relokasi, namun puluhan pedagang pasar basah, eks kawasan pasar cita dan Pasar Maesa pusat kota, sudah melakukan aktivitas penjualan dan transaksi perdagangan di lantai dasar gedung baru. 


Aktivitas ini bukti keberhasilan program revitalisasi infrastruktur perdagangan, terobosan pemerintahan Walikota Ir. Maurits Mantiri MM dan Wawali Hengky Honandar SE. 


Pantauan komentar pagi ini, sebagian besar pedagang pasar basah yang dulunya menempati pasar maesa, sudah masuk dan menempati lapak dan kios yang sudah disediakan. 

Lapak Ikan Segar

Lapak jualan pedagang berbentuk kotak persegi terbuka, dibagi menjadi kategori dagangan basah (ikan dan daging) serta kering (Sayur, Barito dan Sembako). 


Sejumlah pedagang juga terlihat telah menambah beberapa infrastruktur penunjang jualan, diantaranya meja kayu didepan lapak untuk diletakan sayur mayur ataupun telur. 

Lapak Jualan Ikan Segar

Sementara dibagian kios, masih terlihat beberapa bilik yang belum dimanfaatkan meski telah ada pemiliknya. Namun sebagian besar kios telah dioperasikan. Nampak pedagang barito dan warung sembako juga merapikan dan menambah infrastruktur didalam kios, dengan rak jualan dan meja telur, juga rak dagangan. 


Sejauh pantauan (Komentar-Red) , para pedagang masih membenahi tempat jualannya. Sebagian pedagang masih disibukan dengan pemasangan fasilitas jaringan listrik, ataupun penambahan fasilitas meja dan rak. Namun, aktivitas transaksi berbelanja sudah dilakukan. 


Royke Tangkudung Pjs. Direktur Utama Perumda Pasar Bitung

Direktur Utama Perumda Pasar Royke Tangkudung dalam berbagai kesempatan menargetkan operasi pasar cita modern, tuntas pasa bulan agustus hingga Oktober mendatang dan akan dibuka secara resmi oleh Walikota Bitung.


" Jika ada kekurangan akan dibenahi seiring dengan aspirasi dari pedagang pasar. Namun yang terpenting dioperasikan dan berjalan sesuai peruntukannya",  Kata Dirut Perumda pada publik dipemberitaan sebelumnya. 


Menurut Tangkudung, selanjutnya Perumda Pasar Bitung akan menargetkan mobilisasi pedagang kering .(PKL, Accesoris, Jasa) pada september mendatang secara bertahap. 


Ada berbagai Opsi penempatan sesuai aspirasi pedagang, namun dipastikan, kawasan pasar akan terisi sesuai dengan peruntukanya, sehingga pasar akan terlihat rapih dan bersih.


Pada berbagai kesempatan, Tangkudung juga mengajak masyarakat untuk mengunjungi dan berbelanja di gedung baru pasar cita pusat kota, dan menikmati kenyamanan berbelanja ditempat bersih dan tidak becek.  *****

×
Berita Terbaru Update