Notification

×

Iklan

Iklan

Kemenkes Canangkan Imunisasi HPV di Tondano, Bupati ROR: Ini Perhatian yang diberikan untuk Minahasa

Kamis, 10 Agustus 2023 | 08:21 WIB Last Updated 2023-08-10T00:21:14Z


MINAHASA KOMENTAR -
Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin, diwakili Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dr Maxi Rondonuwu, mencanangkan Imunisasi Human Papilloma Virus (HPV) secara Nasional. Kegiatan itu berlangsung di SD Negeri 8 Tondano, Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Rabu (9/8/2023).


Kedatangan Dirjen P2P Kemenkes RI, bersama Penasehat Dharma Wanita Persatuan Kemenkes Ida Budi Gunadi Sadikin, Direktur Imunisasi Kementerian Kesehatan dr. prima Yosepin Hutapea MKM , Ketua Komisi IX DPR RI Felly Estelita Runtuwene SE, di sambut Bupati Minahasa Royke Octavian Roring (ROR), dan Wakil Bupati Robby Dondokambey (RD), beserta Forkopimda.


Dalam kesempatan itu, Dirjen P2P Maxi Rondonuwu, mengatakan Kabupaten Minahasa dipilih karena program imunisasi sangat baik. Tentu dukungan pemerintah daerah Welcome (tanggap akan suatu kebutuhan, red) sehingga kami memilih Sulawesi Utara di Kabupaten Minahasa.


Ia menjelaskan, prioritas yang masuk dalam program -program Kemenkes adalah untuk anak Sekolah Dasar kelas 5 dan kelas 6. Untuk dosis pertama umurnya isekitar 9-11 tahun.


"Itu yang merupakan tanggung jawab pemerintah. Bisa juga di pakai untuk perempuan yang sudah nikah sampai usia 40 tahun, bisa di cari di tempat -tempat praktek dokter, klinik atau di rumah sakit," ujarnya.


Vaksin ini, Rondonuwu menambahkan, tidak pengaruh (beresiko,red) bagi wanita yang sedang hamil.


Sementara, Bupati Minahasa Royke Octavian Roring mengatakan, saya Bupati bersama Wakil Bupati, atas nama pemerintah dan masyarakat Minahasa menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada kementerian kesehatan.


Ia menjelaskan, biarpun sibuk dan baru pulang dari kunjungan luar negeri sesungguhnya Menteri Kesehatan berusaha datang.


"Tapi oleh karena sidang kabinet, sehingga mengutus Dirjen P2P dan Penasehat Dharma Wanita Persatuan Kementerian Kesehatan, Ibu Ida Budi Gunadi Sadikin dan rombongan. Saya kira ini adalah satu perhatian yang diberikan kepada kami di Minahasa Sulawesi Utara," ia menambahkan.


Selanjutnya, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Kesehatan Ida Budi Gunadi Sadikin mengatakan, Kalau kita bicara tentang satu keluarga yang sehat, satu keluarga yang bahagia itu pasti tidak lepas dari sebab seorang ibu.



"Seorang ibu yang bisa membawa kebahagiaan dalam keluarga, adalah mereka yang bisa membawa kesehatan dalam keluarganya," ujarnya.


Oleh sebab itu, lanjut dia, sebagai Ketua Dharma Wanita Persatuan Kementerian Kesehatan mengimbau Ibu-ibu semua, yuk, kita jadikan keluarga kita sehat, keluarga bahagia.


Ia menjelaskan, kalau sekarang misalnya ada imunisasi, yuk, kita jadikan anak-anak kita anak-anak sehat. 


"Mencegah kanker serviks di kemudian hari dengan melaksanakan imunisasi saat ini, sebab masa depan anak-anak kita ditentukan dengan apa yang kita lakukan pada saat ini," ia menambahkan. (nes)

×
Berita Terbaru Update