Notification

×

Iklan

Iklan

Dianggap Tidak Efektif, 7 Jendral Desak P/KB-SG Evaluasi POKJA

Senin, 14 Agustus 2023 | 14:42 WIB Last Updated 2023-08-14T06:42:19Z


MANADO KOMENTAR-Delapan Ketua P/KB Sinode Gmim, masing-masing, Pnt. Butje Conggresco, Pnt. Max Roring, Pnt. Steven Samsudin, Pnt. Wendra Werung, Pnt. Audy Langkay, Pnt. Jepas dan Pnt. Joppy Senduk menggelar rapat menjelang pelaksanaan Rapat Konsultasi PKB-SG tahun 2023 yang akan dilaksanakan di Gmim Efrata Kalasey Satu Wilayah Mandolang Dua.



Dari hasil rapat tersebut 8 Ketua P/KB yang didalamnya ada 7 Jendral, sepakat untuk menyampaikan hal sebagai berikut.


Pertama, Kelompok Kerja (POKJA) P/KB sinode gmim perlu untuk dievaluasi lantaran ada Pokja yang ketika melaksanakan kegiatan terlalu boros dalam mengganggarkan sebuah kegiatan sehingga berpengaruh pada kegiatan yang lain.



"Terlalu boros menetapkan anggaran dalam satu kegiatan. Harusnya anggaran bisa di gunakan untuk 2 hingga 3 kegiatan tetapi karena POKJA tersebut terlalu boros pada satu kegiatan sehingga ada kegiatan yang harusnya menjadi prioritas, akhirnya tidak dapat dilaksanakan. Ini terjadi pada POKJA kesenian,"ungkap Pnt. Jepas.



Lalu Pnt. Max Roring menyorot memgenai keikutsertaan para pelatih dalam menentukan pemenangan bagi setiap peserta lomba kesenian, mulai dari bintang vokalia, masamper,  hingga choir.




Harusnya kata Roring, pelatih tidak boleh menjadi Juri. Hal itu dimaksudkan untuk meminimalisasi terjadinya nepotisme dalam konteks pemberian nilai kepada salahsatu peserta.



"Banyak jemaat yang kecewa setiap kali selesai pelaksanaan, lantaran yang menjadi juara justru memiliki kualitas suara dibawah rata-rata. Saya kira PKB Sinode Gmim harus mengevaluasi hal tetsebut,"tegas Ketua P/KB Gmim Betlehem Singkil Pancurang.




Sementara itu Pnt. Butje Conggresco mengingatkan peran pemerintah dalam membantu kegiatan-kegiatan P/KB, terutama menyangkut biaya pelaksanaan.



Dijelaskan Pnt. Butje, jika pemerintah tidak mengsuport pembiayaan pelaksanaan, ditakutkan tidak ada lagi Wilayah yang mau menjadi tuan rumah.



Sama halnya dengan Pnt. Wendra Werung yang konsisten dengan pernyataan Pnt. Butje, dia mengapresiasi pemerintah kota Manado yang didalamnya ada Wakil Walikota Manado Pnt. Richard Sualang sebagai Ketua Umum Panitia Pelaksanana HAPSA-PKB yang sangat  membantu pelaksanaan tersebut kegiatan Sinodal itu.



Hal itu kata Werung tidak lepas dari perhatian dari Gubernur  Provinsi Sulut Olly Dondokambey. SE, yang sangat memgsuport setiap kegiatan sinodal terlebih khusus kegiatan P/KB.




"Pak Wakil Walikota Pnt. Richard Sualang mampu menunjukan sinergitas antara pemerintahan dan pelayanan. Ini perlu diikuti oleh Kota dan Kabupaten lainnya,"tegas Werung yang adalah Ketua P/KB Gmim Sion Teling Manado.






"Jadi peran pemerintah dalam setiap kegiatan P/KB-SG sangat penting khususnya dalam membantu anggaran pelaksanaan," ujar Ketua Dewan Jendral P/KB-SG ini.



Kendati begitu Pnt. Butje mengapresiasi Pemerintah Kota Manado yang sangat intens mendukung kegiatan HAPSA PKB yang dilaksanakan di Wilayah Manado Utara Raya.



Jose


×
Berita Terbaru Update