Notification

×

Iklan

Iklan

Ketua TP PKK Minahasa Fenny Lumanau Minta Kader PKK Lebih Kreatif dan Inovatif

Selasa, 06 Juni 2023 | 21:47 WIB Last Updated 2023-06-25T13:49:52Z


MINAHASA KOMENTAR -
Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga, (TP PKK) Kabupaten Minahasa menggelar Pelatihan bagi Kelompok Kerja (Pokja) III di Sekretariat TP PKK di Tondano, Selasa (6/6/2023).


Kegiatan itu mengangkat tema Pekarangan Pangan lestari (P2L) dan Konsumsi Pangan Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) menuju Minahasa hijau dan sehat.




Ketua TP PKK Dra. Fenny Roring Lumanauw, SIP saat membuka kegiatan menjelaskan, pelatihan ini merupakan salah satu upaya mendukung program unggulan yang ada pada Pokja III.


Hal itu guna mencapai agenda prioritas PKK yaitu, ketahanan ekonomi dan lingkungan hidup untuk mendukung penurunan stunting serta penguatan ekonomi masyarakat sebagai dua isu utama yang sedang menjadi perhatian dari PKK baik PKK Pusat, Provinsi dan juga Kabupaten Minahasa.


"Pemenuhan pangan sangat penting sebagai komponen dasar untuk mewujudkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas," ujarnya.


Menurutnya, berbagai kajian ilmiah menunjukkan bahwa untuk dapat hidup sehat dan produktif dibutuhkan berbagai jenis zat gizi yang bersumber dari makanan yang dikonsumsi. 


Dia menjelaskan, dengan mengonsumsi makanan yang beranekaragam, kekurangan zat gizi pada jenis makanan tertentu dapat dilengkapi oleh zat gizi dari makanan yang lain sehingga tubuh memperoleh gizi seimbang.


Untuk itu, kata dia, perlu adanya upaya penganekaragaman pangan. Dari sisi ketersediaan, upaya tersebut dapat dilakukan dengan menyediakan pilihan pangan yang lebih beragam melalui pengembangan sumber daya lokal dengan memanfaatkan potensi pangan lokal di Minahasa. 


Dari sisi kebutuhan gizi, lanjut dia, pangan B2SA berpotensi untuk memperbaiki status gizi masyarakat dengan lebih baik.


Ia menuturkan, salah satu upaya ketahanan pangan keluarga adalah dengan pemanfaatan pekarangan melalui pendekatan skala rumah tangga atau keluarga seperti menanam berbagai jenis tanaman, memelihara ternak kecil, unggas dan ikan, sehingga akan menjamin ketersediaan bahan pangan yang beranekaragam secara terus menerus, guna pemenuhan gizi keluarga.


"Sehingga pemanfaatan fungsi pekarangan dapat optimal, sebab peran PKK dalam pengelolaan rumah tangga dan menjaga ketahanan pangan keluarga sangat penting," ia menjelaskan.


Peran PKK dalam menjaga ketahanan pangan keluarga terbagi dalam tiga hal, yaitu kemampuan untuk mengatur ekonomi keluarga sehingga mampu untuk membeli kebutuhan pangan, kreatifitas PKK dalam melakukan diversifikasi pangan, kreativitas untuk memanfaatkan lahan kosong sebagai tempat menanam tanaman pangan.


"Saya berharap kader PKK Kabupaten Minahasa menjadi lebih kreatif dan inovatif dalam membantu ketahanan keluarga, terutama ketahanan pangan keluarga," ia menambahkan. (nes)


×
Berita Terbaru Update