Notification

×

Iklan

Iklan

Wabup Minahasa Robby Dondokambey : Nasib Bangsa dan Negara Bergantung pada Kontribusi dari Pendidikan

Selasa, 23 Mei 2023 | 05:16 WIB Last Updated 2023-05-22T21:34:27Z


MINAHASA KOMENTAR -
Nasib suatu Bangsa dan Negara di masa depan, bergantung pada kontribusi dari pendidikan.


Wakil Bupati (Wabup) Minahasa Dr. Robby Dondokambey, S.Si, MM, MAP, mengatakan hal itu, saat menghadiri penamatan siswa kelas XII SMA Negeri 1 Tondano Tahun 2023, Senin (22/5/2023) di Gedung Wale Ne Tou Tondano.


"Maka dari itu melalui kesempatan ini saya meminta para guru dan segenap civitas SMA Negeri 1 Tondano, untuk tidak hanya mengedepankan pengajaran dan pendidikan dalam aspek akademis semata, namun juga pada pembangunan kreatifitas, kepercayaan diri, karakter, moral dan etika para anak didik," kata Wabup Robby Dondokambey yang juga selaku Ketua PGRI Kabupaten Minahasa.


Sehingga nantinya lanjut dia, mereka mampu tampil sebagai generasi penerus yang tetap mengedepankan norma, etika dan nilai-nilai kearifan lokal. Sehingga mereka dapat menjadi pemimpin- pemimpin bangsa yang cerdas, kompetitif, berintegritas dan berkarakter.


Menurut Wabup Robby Dondokambey,  perkembangan dunia dengan berbagai dimensi dan dinamikanya, telah menghantar manusia pada satu kondisi dimana pengembangan diri menjadi pilihan utama apabila ingin tampil dan mengambil peran dalam era persaingan global yang semakin kompetitif. 


Dikatakannya, pengembangan diri yang diarahkan pada potensi dapat meningkatkan kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan sosial serta daya intelektualitas merupakan unsur penting yang harus dilakukan agar mampu menjawab tantangan global.


Dalam kesempatan itu, Wabup Robby Dondokambey juga mengingatkan para siswa yang telah berhasil menyelesaikan proses pendidikan di SMA Negeri 1 Tondano agar tidak berhenti hanya dengan prestasi kelulusan yang telah dicapai pada tahapan ini.


"Dengan melanjutkan pendidikan di jenjang yang lebih tinggi (Perguruan tinggi), manfaatkanlah berbagai fasilitas dan peluang beasiswa yang telah disediakan Pemerintah," ujarnya.


Ia pun mengimbau para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan di kelas XII agar menghindari hal-hal negatif seperti tawuran, minum-minuman keras, narkoba, dan lain sebagainya yang dapat merubah prilaku positif yang menghancurkan masa depan dan cita-cita.


"Ingat selalu bahwa orang tua dan keluarga, termasuk Pemerintah Daerah sangat mengharapkan kesuksesan dari adik-Adik. Amalkan nilai-nilai kebangsaan dan spirit nasionalisme. Junjung tinggi nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945, serta pertahankan sikap cinta tanah air, demi terciptanya kesatuan dan persatuan," pesannya.


"Atas nama Pemerintah Kabupaten Minahasa, Peribadi, Keluarga Dondokambey-Lengkong mengucapkan selamat dan sukses bagi siswa yang telah berhasil menyelesaikan proses pendidikan di SMA Negeri 1 Tondano. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa menuntun dan menyertai kita sekalian," tambahnya. (nes)

×
Berita Terbaru Update