Notification

×

Iklan

Iklan

Serahkan Alsintan Kepada Pemdes Poopoh, Ini Pesan Wabup Minahasa Robby Dondokambey

Senin, 08 Mei 2023 | 23:13 WIB Last Updated 2023-05-08T17:07:41Z


MINAHASA KOMENTAR -
Mengucap syukur pada Tuhan karena pada hari ini Pemerintah Desa (Pemdes) Poopoh Kecamatan Tombariri menerima satu unit Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) berupa traktor roda empat.


Wakil Bupati (Wabup) Minahasa, Dr Robby Dondokambey, S.Si, MM, MAP, mengatakan hal itu, Senin (8/5/2023) saat menyerahkan Alsintan.


"Alat mesin pertanian ini untuk dipinjam pakaikan kepada Pemdes Poopoh dengan harapan dapat memberikan pelayanan pengolahan lahan pertanian di wilayah Kecamatan Tombariri," ujarnya.


Namun lanjut dia, saya sudah menyampaikan kepada hukum tua agar dapat merawat traktor ini dengan baik. 


"Sebab pengalaman saya menyerahkan alat seperti ini di Tombulu, mereka dapat merawat dengan baik dan hanya dua operator yang mengoperasikan sehingga mereka mengerti mana yang harus diperbaiki dan mana yang kurang," ujarnya.


Selain itu Wabup juga berpesan agar mesin tracktor ini tidak hanya dipergunakan oleh kelompok yang ada di Desa Poopoh saja, tetapi kelompok lain yang membutuhkan.



"Kalau misalnya ada kelompok lain yang membutuhkan tolong dibantu, jadi sampaikan juga kepada teman-teman kelompok tani yang lainnya kalau membutuhkan tracktor, nanti diatur jadwal pelayanan. Namun demikian diatur bagaimana soal biaya-biaya untuk operasional dan juga maintenance, supaya alat itu bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama," pesannya.


Wabup Robby Dondokambey mengatakan, diharapkan 4 atau 5 bulan kedepan agar dievaluasi lagi. Jangan sampai alat pertanian tracktor ini hanya disimpan.


"Yang paling penting kita kerjakan semua ini untuk rakyat yang ada di Desa Poopoh, karena Pemerintah Propinsi hingga Kabupaten menginginkan program-program rakyat itu betul-betul dapat dirasakan masyarakat," kata Wabup Robby Dondokambey.


Ia menambahkan, memperhatikan adanya perubahan iklim yang mengarah pada elnino, sehingga upaya peningkatan produksi tanaman pangan dan hortikultura perlu dilakukan.


"Hal ini juga berhubungan dengan program Gubernur Sulawesi Utara yaitu mari jo bakobong. Dimana hal itu sudah menjadi program prioritas Pemprov Sulawesi Utara yang perlu dukungan sepenuhnya dari semua pemerintah kabupaten dan kota," ia mengungkapkan.


Terkait Program prioritas tersebut lanjut dia, Pemkab Minahasa dan jajaran sudah berupaya mewujudkan sinergitas dengan provinsi, khususnya bersama dinas pertanian dan peternakan.


“Dengan adanya sinergitas tersebut, saat ini sedang menggiatkan petani memanfaatkan secara optimal lahan pertanian yang dilaksanakan dalam bentuk penyerahan alat mesin pertanian berupa traktor roda empat kepada Hukum Tua Desa Poopoh," ia menambahkan. (nes)

×
Berita Terbaru Update