Notification

×

Iklan

Iklan

Dibuka Kakanwil Kemenkumham Sulut Ronald Lumbuun, Lapas Tondano Ikut Strategi Penguatan Kinerja

Kamis, 18 Mei 2023 | 13:38 WIB Last Updated 2023-05-18T05:38:39Z


MINAHASA KOMENTAR -
Mewakili Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIB Tondano, Kasubag TU Veysi I Opit, Bendahara Pengeluaran Ever Tangka, Operator Aplikasi Pelaporan Eljino Lumempouw, mengikuti kegiatan Strategi Penguatan Kinerja di Lingkungan (Lingkup) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia  (Kanwil Kemenkumham) Sulawesi Utara (Sulut).


Kegiatan yang berlangsung di Aula Kanwil Kemenkumham Sulut, Rabu (17/5/2023), dibuka Kakanwil Kemenkumham Sulut, Ronald Lumbuun, dan dihadiri Kepala Divisi Administrasi John Batara, Kepala Bagian Program dan Humas Noldy Sahabati, serta operator aplikasi pelaporan pada seluruh satuan kerja di lingkungan Kanwil Kemenkumham Sulut.


Dengan menampilkan 3 narasumber dari Biro Perencanaan yaitu, Widi Sutresna, Sub Koordinator Pemantauan, Analisis dan Pelaporan Wilayah I, Yudhistira Sihombing Penyusun Laporan dan Hasil Evaluasi dan Asry Simanjuntak, Analis Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan, kegiatan itu membahas soal Strategi Penguatan Kinerja di Lingkungan Kantor Kemenkumham Sulut.


Dalam sambutannya Kakanwil Kemenkumham Sulut, Ronald Lumbuun mengatakan Strategi Penguatan Kinerja adalah salah satu hal yang penting dalam pelaksanaan tugas dan fungsi.


"Karena berkaitan dengan cara atau langkah dalam mencapai target pelaksanaan capaian kinerja yang telah ditentukan," ujar Ronald Lumbuun.


Ia menjelaskan, strategi penguatan kinerja di lingkungan Kantor Wilayah disusun dengan tujuan untuk memberikan informasi kinerja target dan capaian kinerja yang terukur serta sebagai sarana pengendalian dan evaluasi penilaian kinerja.


"Kegiatan penguatan kinerja yang diselenggarakan ini merupakan salah satu wujud nyata usaha bersama untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dari aspek kinerja maupun dalam hal pengelolaan keuangan Pemerintah," kata Lumbuun.


Selain itu juga , lanjut dia, sebagai bentuk komitmen bersama terhadap kompetensi untuk membantu pegawai mempertahankan dan meningkatkan kompetensi hariannya, jelas Kakanwil. 


"Oleh karena itu dengan adanya kegiatan penguatan kinerja ini, akan semakin memudahkan tiap-tiap satker untuk melakukan pengendalian intern, sehingga program dan kegiatan yang telah disusun sesuai dengan tujuan serta pertanggungjawaban kinerja semakin akuntabel dan transparan," tambahnya.


Dalam kegiatan itu juga dilakukan pembahasan tentang penguatan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), supervisi penilaian mandiri evaluasi SAKIP, supervisi penyusunan laporan kinerja, SPIP dan Manajemen Risiko (MR). Para peserta dalam kegiatan ini juga dilakukan pendampingan penginputan data capaian kinerja pada aplikasi E-Monev Bappenas, SMART DJA, e-Performance dan monitoring target kinerja serta action plan Kemenkumham.


Sementara, Kepala Lapas Tondano Yulius Paath berpesan kepada pegawai Lapas Tondano yang mengikuti kegiatan itu dengan sebaik-baiknya.


"Ikuti kegiatan itu dengan sebaik-baiknya agar dapat memberikan kontribusi yang positif, ideal sehingga memiliki nilai kinerja yang lebih baik,"tambahnya. (nes)


×
Berita Terbaru Update