Notification

×

Iklan

Iklan

Paripurna Ranperda RTRW Manado Diwarnai Intrupsi, Sole Puji Kemampuan Aaltje Dondokambey Kendalikan Rapat

Kamis, 13 April 2023 | 20:58 WIB Last Updated 2023-04-13T12:58:15Z

Aaltje Dondokambey        Sonny Lela


MANADO KOMENTAR-Gelaran Rapat Paripurna Dewan, dalam rangka mendengarkan laporan keterangan pertanggungjawaban LKPJ Walikota Manado serta paripurna penetapan RTWR Kota Manado, Selasa (11/04/2023), diwarnai sejumlah intrupsi dari Anggota DPRD.



Salahsatunya adalah politisi Partai Demokrat Franklin Sinjal SH. MH, yang mempertanyakan mengenai keabsahan rapat paripurna penetapan RTRW Kota Manado.


Menurutnya RTRW  tidak dibahas oleh Anggota Dewan sehingga dianggap cacat formil dan belum bisa diparipurnakan.



"RTRW tahun 2022 -2042 ini belum bisa di paripurnakan karena ada beberapa mekanisme yang diabaikan. Jadi RTRW ini cacat formil," ungkap Sinjal ditengah berjalannya rapat parupurna.



Pernyataan itu lalu dihadang oleh Anggota DPRD Bambang Hermawan. Menurutnya semua mekanisme, mulai dari pembahasan hingga konsultasi ke Jakarta sudah dilakukan. Termasuk pengagendaan lewat badan musyawarah (Banmus).


"Saya kira paripurna ini tidak perlu ditunda dan harus tetap dilanjutkan karena sudah sesuai mekanisme,"tegas Bambang.




Saat kedua anggota DPRD Manado itu saling serang mempertahankan argumentasi masing-masing, lalu  Ketua DPRD Manado Dra. Aaltje Dondokambey selaku pimpinan rapat menpersilahkan keduanya untuk tidak berbicara dan meminta izin untuk melanjutkan jalannya rapat paripuena.


 



Kendati masih ada suara intrupsi dari peserta sidang paripurna, namun Kakak dari Gubernur Sulut Olly Dondokambey itu terus berbicara membacakan skenario rapat untuk melanjutkan paripurna.




Pimpinan sidang lalu memberikan kesempatan kepada Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Manado Sonny Lela. S.Sos, untuk membacakan laporan awal dan proses pembahasan serta mekanisme pembentukan Ranperda RTRW Kota Manado. 



Awal laporannya, Soleh biasa Sonny Lela disapa, lalu menenangkan suasana rapat paripuena dengan sapaan awal, "Apakah ada suka cita?" Kalimat Sole itu langsung direspon peserta sidang,"Damai di hati diikuti tepuk tangan dan wajah ceriah dari seluruh politisi Manado.



Sonny Lela mengatakan, dalam setiap rapat paripurna pasti ada intrupsi dari Anggota DPRD yang bermaksud menyampaikan hal-hal yang urgen. Ini namanya dinamika lembaga politik,"ujarnya.



Disisi lain, Sole memuji Ketua DPRD Aaltje Dondokambey yang  dengan penuh rasa tanggungjawab mengikuti alur dinamika rapat paripurna dengan penuh kesabaran.



"Ibu Ketua Dewan adalah pemimpin yang berkarisma. Terlihat sangat tenang tetapi tegas dalam memimpin rapat paripurna. Beliau mampu mengendalikan diri dari tekanan para legislator senior,"kata Sonny Lela yang digadang Partai Golkar ke DPRD Sulut pada Pileg 2024 mendatang 



Joppy Senduk


×
Berita Terbaru Update