Notification

×

Iklan

Iklan

Rende-Sibuea Tandatangan PKS, Kejar Pengelolah Pajak dan Retribusi Nakal

Kamis, 02 Maret 2023 | 02:14 WIB Last Updated 2023-03-01T18:14:04Z


MANADO KOMENTAR-Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Manado terus melakukan upaya peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) guna mendukung berbagai kegiatan pemerintah Kota.



Salahsatu upaya Bapenda kata Kaban Steven Rende. SH. MH, adalah melakukan kerjasama dengan Kejaksaan Negeri Manado lewat menandatangan perjanjian kerjasama (PKS) di bidang perdata.


Penandatanganan kerja sama itu, dilakukan di Aula kantor Kejari Manado pada hari Rabu, (01/03/2023) antara Bapenda dan Kejari.



Menariknya, dalam PKS itu lebih terfokus pada pendapatan lewat pajak dan retribusi." Memang lebih fokus pada sektor pendapatan retribusi dan pajak,"ungkap Rende disela-sela kegiatan.

Steven Rende berharap, adanya kerjasama dengan pihak Kejari, PAD akan mengalami peningkatan yang signifikan, khususnya melalui retribusi dan pajak daereh.



“Saya optimis, dengan adanya kerjasama dengan Kejari, para wajib pajak dan retribusi akan semakin patuh. Dan ini tentu akan meminimalisir kejahatan di sektor pajal dan tetribusi. Jadi saya ingatkan supaya tidak ada main-main  soal pajal dan retribusi di kota Manado,"kata Steven Rende.



Ditempat yang sama, Kejari Manado Esther Sibuea. SH. MH menjelaskan, kerjasama yang dilakukan bersama  Bapenda dimaksudkan untuk membantu Pemkot Manado meningkatkan PAD.


"Semoga saja, para wajib pajak tidak membayar tepat waktu dan sesuai dengan prosentasi pendapatan dari usaha yang mereka kelolah,"pinta Kajari Ester Sibuea.


Berita mengenai kerjasama Kejari dan Bapenda yang terfokus pada pendapaatn melalui pajak dan retribusi lalu menjadi pembicaraan di berbagai ruang publik.


"Hati-hati bagi pengelolah pajak dan retribusi, apabila didapati melakukan penggelapan pajak dan retribusi, tentu ada sanksi tegas yang tertuang dalam PKS itu,"kata salahsatu pengamat yang minta namanya tidak dimediaka.



Turut hadir dalam penandatanganan PKS tersebut, pejabat teras Kejari serta sejumlah pejabat Pemkot Manado diantaranya,  Kabid pengawasan, Kabid pajak dan retribusi, Kabid PBB dan BPHTB serta Kabid pembukuan dan pelaporan IT dan Kabag kerjasama Pemkot Manado. 

Joppy Senduk

×
Berita Terbaru Update