Notification

×

Iklan

Iklan

Pemdes Lopana Satu Salurkan BLT-DD Ke 24 KPM Tahun 2023

Kamis, 16 Maret 2023 | 16:08 WIB Last Updated 2023-03-16T08:11:05Z

 


AMURANG KOMENTAR - Program Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa akan diganti menjadi BLT Kemiskinan Ekstrem mulai 2023. Meski nilai bantuannya masih sama, tapi jumlah penerimanya akan berkurang. 

Pemerintah Desa (Pemdes) Lopana Satu Kecamatan Amurang Timur, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), melaksanakan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Tahun 2023.



Penyaluran dipimpin langsung oleh Hukum Tua Desa Lopana Satu Reynold Maguna dan diserahkan langsung kepada 24 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Rumah masing-masing.Selasa.(14/3/2023)

Hukum tua Lopana Satu menjelaskan, BLT Dana Desa ditiadakan karena landasan pembuatan program itu sudah tidak ada lagi, yakni pandemi Covid-19. Karena itu, landasan penyaluran BLT harus disesuaikan dengan prioritas pembangunan nasional 2023.

"Pada 2023, narasi yang mendasari BLT adalah percepatan penuntasan kemiskinan ekstrem, yang inpres-nya sudah keluar," ujar Maguna.

Inpres yang dimaksud Maguna adalah Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2022 tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem. 

Maguna mengatakan, besaran nilai BLT Kemiskinan Ekstrem ini sama dengan BLT Dana Desa, yakni Rp 300 ribu perkeluarga perbulan. Penerimanya adalah keluarga berstatus miskin ekstrem, yakni berpenghasilan di bawah.

"Prediksi saya, jumlah penerima BLT Kemiskinan Ekstrem tidak akan sebanyak penerima BLT Dana Desa. Sebab, jumlah warga miskin ekstrem lebih kecil dibanding jumlah warga miskin biasa," ujar hukum tua.

Hukum Tua Lopana Satu saat ditemui media ini,Selasa 14 Maret 2023 menyampaikan."Bahwa sasaran BLT Dana Desa adalah warga yang kurang mampu, yang memenuhi kriteria dan sudah melalui musyawarah desa(Musdes), penyaluran kami serahkan untuk bulan,Januari,Februari dan Maret dengan total 900.000/ KPM."ujarnya.

Pemerintah Desa Lopana Satu sendiri mengalokasikan BLT DD itu selama 12 bulan dalam tahun 2023 dengan total Rp21.600.000.

Penyaluran BLT ini diserahkan langsung oleh Kepala Desa (Hukum Tua) Lopana Satu,Reynold A Maguna didampingi Pendamping Kabupaten dan pendamping Desa Lopana Satu ,  juga Bendahara Desa Linda Lumempow,sekertaris Desa Jein Liu dan beberapa prangkat Desa.

Kegiatan penyaluran BLT DD ini terangnya juga merupakan upaya pemerintah dalam membantu perekonomian masyarakat.

“Penerima BLT DD tahun 2023 triwulan pertama pada periode Januari, Februari dan Maret adalah upaya pemerintah untuk membantu perekonomian masyarakat desa,” kata Maguna.

Reynold Maguna berharap, BLT yang disalurkan kepada para 24 keeluarga penerima manfaat (KPM) dapat memberikan manfaat untuk membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Semoga dapat sedikit membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari dan juga berharap agar bantuan ini dipergunakan dengan sebaik-baiknya,”tutup Hukum tua Maguna. (Dotu)







×
Berita Terbaru Update