Notification

×

Iklan

Iklan

Kalapas Tondano Yulius Paath Ikuti Sosialisasi Teknis Pemasyarakatan

Selasa, 28 Maret 2023 | 03:19 WIB Last Updated 2023-03-27T19:19:35Z


Minahasa, Komentar.co.id -
Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas)  Kelas IIB Tondano Yulius Paath, mengikuti kegiatan Sosialisasi Teknis Pemasyarakatan, Senin (27/03/2023) di Hotel Grand Luley Manado.


Kegiatan yang mengambil tema 'Percepatan Capaian Target Izin Klinik dan Penguatan Tugas Kehumasan pada Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan Jajaran Kanwil Sulawesi Utara' dibuka langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Utara Ronald Lumbuun.


Ronald Lumbuun dalam sambutannya menyebut, dua hal penting yang perlu didorong demi kemajuan Pemasyarakatan menjadi semakin pasti adalah target capaian izin klinik dan peran kehumasan. 


"Izin klinik pada Lembaga Pemasyarakatan adalah bagian dari keseriusan jajaran Pemasyarakatan untuk memberikan layanan kesehatan yang terbaik bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) sebagaimana diatur dalam UU No 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan,"ujar Ronald.


Dalam kesempatan itu ia juga memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Lapas Bitung dan LPKA Tomohon yang sudah mendapatkan Izin Klinik serta Divisi Pemasyarakatan yang telah menyelenggarakan kegiatan sosialisasi sehingga dapat berjalan dengan baik.


Penguatan bidang Kehumasan kata Ronald, tujuannya adalah agar bisa membentuk opini publik positif kemenkumham, membangun ketertarikan masyarakat terhadap Kemenkumham, sharing informasi, kolaborasi internal dan eksternal, partisipasi publik, dan mengatasi hoak dan hate speech. 


Sementara itu, Direktur Perawatan Kesehatan dan Rehabilitasi Elly Yuzar beserta jajarannya yang menjadi narasumber pada kegiatan itu mendorong agar UPT Pemasyarakatan bersiap dalam percepatan izin klinik.


Menurutnya, hal itu tentu memerlukan dorongan dari Kantor Wilayah untuk memfasilitasi percepatan Izin Klinik. 


"Hal ini merujuk pada Surat Edaran Menteri Kesehatan No. HK.02.01/MENKES/652/2022. Selain itu sertifikat laik higiene sanitasi merupakan hal penting bagi setiap Lapas maupun Rutan," ungkapnya.


Ditempat yang sama, Kalapas Tondano Yulius Paath mengatakan bahwa pihaknya terus meningkatkan dan mengoptimalkan pelayanan, mulai dari pelayanan medis hingga pengolahan makanan bagi warga binaan.


"Perawatan kebersihan juga jadi hal penting untuk menjaga kesehatan di dalam Lapas Kelas IIB Tondano," tambahnya.


Kegiatan ini juga dihadiri oleh Direktur Perawatan dan Kesehatan dan Rehabilitasi (Elly Yuzar), Kepala Divisi Pemasyarakatan (I Putu Murdiana), Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Tomohon (Anneke Grjese Maindok), Penyuluh Kesehatan Ahli Madya (Jenne Mandu), Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan (dr. Harto Necsen Linelejan) dan seluruh Kepala Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan (Lapas/Rutan). (nes)

×
Berita Terbaru Update