Notification

×

Iklan

Iklan

Walikota dan Wawali Manado AA-RS, Hadir Bimtek Monitoring Evaluasi Program Pengendalian Gratifikasi KPK

Selasa, 14 Februari 2023 | 21:40 WIB Last Updated 2023-02-15T14:22:19Z



MANADO KOMENTAR-Bimbingan Teknis dan Monitoring Evaluasi Program Pengendalian Gratifikasi di Lingkungan Pemerintah Kota Manado yang dilaksanakan di Aula Serbaguna Selasa (14/02/2023) dan dihadiri langsung oleh Walikota dan Wakil Walikota Manado  Andrei Angouw dan dr. Richard Sualang.


Setelah acara pembukaan langsung dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh nara sumber dari Direktorat Gratifikasi dan Pelayanan Publik KPK R.I Bpk. Muhammad Indra Furqon yang menyampaikan materi tentang Pemeriksaan Gratifikasi dan Pelayanan Publik Utama.


Pak Indra menyampaikan soal apa itu Gratifikasi supaya memahami apa itu suap/Gratifikasi. Juga disampaikan pengalaman Gratifikasi yang terjadi dilapangan termasuk pengalamanya ketika bertugas di Sulut sekarang 2018-2019. Pak Indra memberikan beberapa contoh pejabat diberbagai tempat yang tertangkap tangan karena menerima Gratifikasi ketika menjelaskan soal Gratifikasi dalam Pelayanan Publik.

Ikut dijelaskan beberapa contoh soal bentuk Rationalisasi dalam Gratifikasi, yakni, sekedar tanda terima kasih, pemberian cuma-cuma dan ikhlas, persepsi yang penting tidak menerima suap dan sekedar tanda mata yang menjadi budaya ketimuran

dan contoh-contoh lain yang saling memberi hadiah dilingkungan pejabat pemerintah dan PNS.

Dalam perspektif hukum dijelaskan unsur pidananya bahwa setiap Gratifikasi kepada pegawai negeri atau penyelenggara negara, dianggap pemberian suap bila berhubungan dengan kewajiban atau tugasnya.


Soal pelaporan kepada KPK juga ikut dijelaskan dalam kaitan dengan penanganan konflik kepentingan dari Gratifikasi lewat aplikasi mobile Gratifikasi OnLine (GOL) KPK. Hal ini dilakukan sebelum 30 hari kerja agar tehindar dari tuntutan pasal Gratifikasi yang sangat mengerikan. Dalam kaitan ini juga diberikan contoh-contoh Gratifikasi yang tidak wajib dilaporkan dan biasanya terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Selesai penyampaian materi dibuka forum tanya jawab yang dimoderatori oleh Sekretaris Kota.

Hadir dalam kegiatan ini Sekretaris Pemerintah Kota Manado Dr. Micler C.S. Lakat S.H,M.H, para asisten, staf ahli, Kepala SKPD, Dirut PDAM, Dirut PD Pasar, para camat, staf khusus Wali Kota dan pejabat teknis lainnya.



Joppy Senduk


×
Berita Terbaru Update