Notification

×

Iklan

Iklan

Catatan Akhir Tahun Paulus Adrian Sembel

Sabtu, 31 Desember 2022 | 23:44 WIB Last Updated 2022-12-31T15:45:31Z

Paulus Adrian Sembel


MANADO KOMENTAR-Setiap bulan Desembe bunyi sinere lebih sering terdengar dibandingkan bulan sebelumnya.



Menurut catatan seorang penulis di Kota Manado, jika bunyi sirene lebih cepat pertanda ambulance sedang membawa orang sedang sakit parah.


Lalu jika bunyi sinere agak lambat artinya ambulance sedang menghantarhantar orang yanh sudah meninggal atau jenaza.



 Dari fakta dilapangan, bulan desember tingkat kematian agak tinggi dari bulan yang lain dan itu katanya bukan fenomena melainkan fakta.



Desember adalah bulan "pesta pora". Tetapi untuk menghadapi bulan pesta pora manusia harus menyiapkan tenaga ekstra sehingga mampu bertahan merayakan Natal yang erat kaitannya dengan berbagai kegiatan seremonial.








Ada beberapa indikator yang mungkin menjadi penyebab tingginya angka kematian di bulan Desember antara lain, beban pikiran yang berat (stres),makan berlebihan (memicu penyakit darah tinggi, jantung dll sehingga berakibat fatal), bekerja melampaui batas kemampuan (kecapean), kecelakaan dijalan karena tergesa-gesa atau karena mabuk serta menkomsumsi miras berlebihan.



Itu sebabnya harus waspada menghadapi Natal dan Tahun Baru.

Pikiran enjoy, makan seperlunya dan jangan 'sorodo' kong talebe miras supaya nda anfal atau takancing. Atau karena miras telah terjadi pembunuhan.


Sekali lagi, Enjoy dan jangan Golojo hadapi Natal dan Tahun Baru. Miras cukup sloki-sloki, pancing gergantang orang Manado bilang atau untuk kehangatan jika terasa dingin.


Desember sukacita jangan jadikan Desember kelabu.


Ok bro....Pastikan Anda Sehat (PAS)


×
Berita Terbaru Update