Notification

×

Iklan

Iklan

DPRD Sulut Serukan Larangan Beredar Syrup Berbahaya

Jumat, 21 Oktober 2022 | 18:47 WIB Last Updated 2022-10-21T10:47:35Z


MANADOKOMENTAR - Kini beredar dipasaran, sejumlah obat Syrup yang dinilai sangat berbahaya bagi Kesehatan anak dan Balita, terkait hal itu Anggota DPRD Sulawesi Utara, Melky Jakhin Pangemanan(MJP) menyeruhkan kepada Balai Pengawasan Obat dan Makanan(BPOM) Sulut, dan pemerintah provinsi Sulut serta 15 kabupaten/kota agar dapat melakukan langka cepat, pasti dan tegas terhadap obat syrup yang beredar menimbulkan gejala aktif terhadap perkembangan anak dan kesehatan gangguan ginjal akut.


Namun begitu Politisi PSI, meminta Pemerintah mulai dari srata Pemerintah Provinsi  sampai desa dan kelurahan se sulut untuk memberikan informasi secara terbuka dan masiv kepada masyarakat luas.


“Pemerintah daerah harus bergerak cepat bersama BPOM Sulut, melakukan sosialisasi masif kepada masyarakat dan melakukan sidak di apotek dan tempat-tempat penjualan obat lainnya.”kata MJP, dikantor DPRD Sulut, 20/10.


Pangemanan menambahkan saat ini  masih banyak warga yang tinggal didesa tanpa memiliki ponsel pinter, bahkan ada desa yang tidak memiliki jaringan internet, ini tentunya menjadi tanggungjawab pemerintah, selain itu masalah serius bangsa, jangan dianggap remeh, masalah generasi ini, anak-anak balita sangat rentan dengan pertumbuhan tubuh."ujar personil komisi 1 DPRD Provinsi Sulut.


Inilah 29 daftar syrup yang berbahaya bagi balita


1.Bodrexin Demam Jeruk 60ml

2.Konidin Obh Sachet 5x7ml

3.Mylanta Liquid 50ml

4.OBH Combi Batuk Dahak 100ml

5.Polysilane Suspensi 100ml

6. Promag Suspensi 60ml

7.Tempra Paracetamol 30ml

8.Termorex Paracetamol 60ml

9.OBH Combi Batuk Berdahak Sachet 5×7.5ml

6 Promag Cair Sachet 7ml (Dh)

7.Panadol Anak Raspberry 30ml

8.Antimo Anak Jeruk Sachet 5ml

9.Combantrin Jeruk New 10ml

10.Komix Obh 5x7ml

11.Proris Syrup Jeruk 60ml

12.Siladex Batuk Berdahak 60ml

13.Woods’ Cough Expectorant 60ml

14.Bisolvon Extra Menthol 60ml

15.Nellco Special Obh PE100ml

16.Vicks F-44 Anak Strawberry 54ml

17.Vicks F-44 Sachet 4x5ml

18.Vicks F-44 Sirup 54ml

19.Woods Cough Antitussive 60ml

20.Actifed expectorant 60ml

21.Nellco Special Obh 100ml

22 OBH Combi Anak P Straw 60ml

23.OBH Combi Batuk Flu Mtl100ml

24.OBH Tropica Anak Strawberry 60ml

25.Termorex Plus Botol 60ml.



*Jovan*




Legislator Sulut Yongkie Limen: Kontraktor Abal Abal Jangan Kasih Proyek


 


MANADOKOMENTAR - Anggota DPRD Sulut, Yongki Limen mengkritisi lambatnya pekerjaan infrastruktur jalan dan drainase di Jalan Lengkong Wuaya dan Jalan Maesa Ranomuut Kecamatan Paal 2 Kota Manado.


Politisi Pertai Golkar di DPRD Sulut ini, menduga kontraktor nakal dan abal abal adalah penyebabnya, selain itu lambatnya dinas terkait merespon aspirasi masyarakat, kendati anggarannya sudah tersedia.


Hal tersebut di ungkapkan Personil Komisi 3 kepada awak media, 


"Ini pekerjaaan kan tinggal dikerjakan karena anggarannya sudah tertata kenapa masih lama pengerjaannya, ada apa dibalik keterlambatan ini,"ujar Limen diruang kerjanya, Selasa 18/10.


Dirinya menyoroti banyaknya pekerjaan Dinas PU Kota Manado contohnya di ruas jalan penghubung ke perumahan Wale Umbanua Paal 2 dari Jalan Lenkgong Wuaya  begitu pula ruas jalan penghubung ke Perumahan Gelatik (Perum Gerizim 2) dari jalan Lengkong Wuaya dimana pekerjaan jalan tersebut telah selesai tapi bahu jalannya tidak dikerjakan, bahkan ada material sisa proyek dan galian hanya dibiarkan begitu saja,"beber suami dari Conny Rares legislator DPRD Kota Manado.


Limen, yang adalah dapil Manado ini mengkritik lambatnya Dinas PU Kota Manado mengerjakan ruas jalan yang mulai amblas akibat gorong gorong di bawah jalan pecah sudah hampir satu tahun tetakhir tapi tak kunjung dikerjakan hingga saat ini.



"Ini imbas dari pekerjaan yang dilakukan oleh kontraktor abal abal dan nakal, kontraktor seperti itu jangan dikasih pekerjaan lagi di tahun tahun berikut,"tegasnya.


*Jovan*

×
Berita Terbaru Update