Notification

×

Iklan

Iklan

Bunga "Krisan" Milik Petani Kota Tomohon akan Diekspor ke-Jepang dan Singapur

Jumat, 21 Oktober 2022 | 21:42 WIB Last Updated 2022-10-21T13:42:02Z


MANADO KOMENTAR-Anggota  DPD-RI Stefanus Ban Liow menciptakan sebuah terobosan baru untuk peningkatan perekonomian petani bunga di Kota Tomohon, dengan cara  membuka peluang ekspor bunga ke Jepang dan Singapura.




"Tugas saya sebagai senator  DPD-RI memfasilitasi dengan  Bapak Menteri Pertanian, membantu petani bunga di Kota Tomohon. Bapak Menteri sudah menyetujui setiap bulan 200 ribu tangkay bunga petani di Kota Tomohon, diekpor ke Jepang dan Singapura," kata Ketua Badan Legislasi DPD RI Stefanus Ban Liow, di Manado, Jumat (21/10).




Stefanus mengatakan, Kota Tomohon yang dikenal sebagai Kota Bunga telah menjadi pembicaraan ditingkat internasional, terlebih dengan adanya agenda nasional dari Kementerian Pariwisata bernama Tournament International of flower.




"Kegiatan Tournament International of Flowers rutin dilaksanalan setiap tahun pada bulan Agustus, dan pesertanya selain dari berbagai daerah di Indonesia, juga beberapa negara di dunia ikut serta," ujar Senator besutan Provinsi Sulawesi Utara ini.





Lanjut dijelaskan Stefanus dengan adanya beragam bunga di kota Tomohon, peluang untuk peningkatan perekonomian petani bunga sangat terbuka, itu sebabnya dia berupaya untuk mencari solusi dengan cara mencari peluang eksport bunga ke Jepang dan Singapur.






"Banyak jenis bunga yang langkah di Kota Tomohon yang tidak dimiliki oleh negara lain diantaranya bunga Krisan. Jepang dan Singapura sebagai pencinta bunga sangat berkeingan memiliki jenis bunga tersebut," ujarnya.



Karena itu, lanjut Stefanus, peluang ini disampaikan ke Menteri Pertanian, dan telah disetuju dan target setiap bulan sebanyak 200 ribu tangkay bunga Krisan hasil produksi petani di Kota Tomohon, diekspor ke dua negara tersebut. Tentunya dengan harga yang sangat memuaskan.



Dia berharap peluang ini tidak disia-siakan warga petani bunga karena selain untuk meningkatkan taraf hidup  kelompok petani, citra Kota Tomohon sebagai Kota Bunga dan Sulut pada umumnya  akan semakin bersinar di berbagai negara.



 



"Peluang sudah terbuka lebar untuk petani bunga. Sekarang petani bunga harus mampu  mememuhi target setiap bulan 200 ribu tangkay bunga Krisan untuk diekspor ke-Jepang dan Singapura sesuai permintaan," kata Stefanus. (VL)

×
Berita Terbaru Update