Notification

×

Iklan

Iklan

Luar Biasa 2 Siswa SMA Negeri 9 Binsus Manado Dipilih Kemendikbudristek Sebagai Duta SMA Provinsi Mewakili Sulut Ke Tingkat Nasional

Senin, 08 Agustus 2022 | 11:35 WIB Last Updated 2022-08-08T03:35:37Z

 


MANADO KOMENTAR - Siswa SMA Negeri 9 Binsus Manado Kembali Mengukir Prestasi Pada Lomba Tantangan Inovasi SMA Nasional 2022 (TANOS) Bidang Lomba Duta SMA Yang Diselenggarakan Oleh Kementerian Pendidikan,Kebudayaan,Riset Dan Teknologi Dalam Hal Ini Direktorat SMA.



Direktorat Sekolah Menengah Atas, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, 

Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, 

Riset, dan Teknologi berupaya mewadahi kreatifitas peserta didik SMA untuk berinovasi 

melalui Tanos SMA. Pada tahun 2022 Tanos SMA dilaksanakan dengan 3 kategori, yaitu 

kategori Film Pendek, kategori Lagu dan kategori Duta SMA.

Untuk meningkatkan motivasi dan semangat, serta menampung inovasi-inovasi peserta 

didik SMA tersebut Direktorat Sekolah Menengah Atas, merasa perlu mewadahi 

kreativitas dalam bentuk inovasi, khususnya peserta didik SMA dengan nama TANOS 

atau Tantangan Inovasi Siswa.


Kedua Siswa Tersebut Yang Menjadi Duta SMA Provinsi Sulut 2022 Adalah Marcello Lontokan   Siswa,Kelahiran Amurang 9 Maret 2006,asal Desa Lelema Minsel.Putra pasangan,Elvis Lontokan dan Marlina Sambuari


Dan Adeleyda Maria Makalew Siswa kelahiran Kota Tomohon,5 September 2005 tinggal di Dendengan dalam Manado.


Kedua Nya Merupakan Siswa Siswi SMA Negeri 9 Manado Yang Luar biasanya Kalau Provinsi Lain Duta Nya Dari Berbeda Sekolah Tetapi Mereka Dari Satu Sekolah, Ini Menjadi Suatu Kebanggaan Khususnya Bagi SMA Negeri 9 Binsus Manado. 


Dan Kegiatan Duta SMA Ini Telah Dilaksanakan Sejak Tanggal 18 Juli 2022 Yang Dimulai Dengan Registrasi Diantaranya Melengkapi Dokumen & Data Diri, Pas Foto, CV, Surat Izin Orang Tua, Surat Izin Sekolah, Dan Sertifikat Prestasi. Setelah Itu Dilanjutkan Dengan Tugas Tahap 1 Dengan Membuat Karya Tulis Essai Bagi 1200 Peserta di 34 Provinsi Di Indonesia Dan Sekolah Indonesia Luar Negeri, Setelah Itu Pengunguman Peserta Yang Lolos Ke Tahap 2 Berjumlah 151 Orang, Ke 151 Peserta Ini Masih Diadakan Seleksi Tahap 2 Dengan Membuat Video Menjelaskan Makna Isi Karya Tulis Essai Yang Dibuat Pada Tahap 1, Dan Setelah Itu Nilai Di Amulasikan Dari Tahap 1&2 Dan Dipilih Satu Pasang Putera - Puteri Perwakilan Provinsi Untuk Lanjut Ke Tahap 3 Tingkat Nasional Dan Penilaian Ini Dilakukan Oleh Tim Juri Dari Direktorat SMA & Praktisi Profesional Yang Ditunjuk. 


Dan Pada Sabtu, 07 Agustus 2022 Direktorat SMA Melaksanakan Pembekalan Duta SMA Nasional & Webinar Serta Diskusi Kurikulum Merdeka Belajar Secara Online Via Zoom Dan Di Siarkan Secara Langsung Melalui YouTube Direktorat SMA Dan Pada Pembekalan Ini Ditetapkan Secara Resmi Duta SMA Di 34 Provinsi Yang Nantinya Akan Mengikuti Wawancara Tingkat Nasional Pada Selasa, 09 Agustus 2022 Dan Diadakan Secara Online Karena Keterbatasan Situasi. 


Dan Tema Essai Sudah Ditentukan Oleh Direktorat Antara Lain :

1 Penghapusan Jurusan di SMA. 

2. Belajar seru versi kamu.

3. Sekolah yang ideal bagi siswa.

4. Aktualisasi profil Peserta Didik pancasila dalam sehari-hari maupun di sekolah. 

5. Analisis kritis terhadap kebijakan merdeka belajar.

6. Perundungan, Intoleransi, dan Kekerasan Seksual.


Marcello Lontokan, Kita Pribadi,Kita memilih, Penghapusan Jurusan Di SMA, Karena Bukang Tanpa Alasan, Penghapusan,Jurusan Di SMA Ini Kan Terintegrasi Dari Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Sehingga Nyanda Lagi Jurusan IPA, IPS, Maupun Bahasa.


"Kita Tertarik Pilih Ini Tema Karena Di Era Merdeka Belajar Ini Siswa Diberi Ruang Secara Fleksibel Untuk Melatih Kreativitas & Daya Berpikir Kritis , Karena Selama Ini Sudah Jadi Rahasia Umum Jurusan SMA Masih Banyak Pro & Kontra Yang kami Temui Di Masyarakat Ada Yang Bilang Ketika Di Jurusan IPA  Anak-anak lebih pandai dari jurusan lain, lebih kritis, lebih Kreativ, Dan Ada yang bilang kesempatan dunia perguruan tinggi dan pekerjaan anak ipa lebih Unggul Dari Jurusan Lain."ujar Lontokan.


Ditambakanya,Pada Nyatanya Kejadian Di Lapangan Tidak Seperti Itu Sehingga Harus Adanya Revolusioner Dalam Dunia Pendidikan Dalam Hal Ini Penjurusan Di SMA Dan Kita Pribadi Sebagai Seorang Siswa Bersyukur Adanya Kebijakan Merdeka Belajar Ini, Walaupun Kita tidak lagi bisa merasakan,ucap Marcello dengan senyuman kecilnya.


"Nanti adik-adik kelas Yang merasakan, Sasaran Kurikulum Merdeka Belajar Ini Khususnya Untuk Penjurusan Di SMA Sehingga Harapan Kedepan Nyanda Ada Lagi Kesan Superior dan Sekat Antara Siswa, Ini Sudah Masa Revolusi Era Merdeka Belajar,Jadi Siapapun Bisa Sukses, Siapapun Bisa Berprestasi, Silahkan Berkreativitas Dengan Cara Masing Masing, Karena Pendidikan Adalah Ruang Bagi Siswa Dalam Mengekspresikan Dirinya."ucap Marcello Lontokan Duta SMA Putera Terpilih saat di wawancarai media ini.


Lanjut, Duta SMA Ini Diharapkan Menjadi Sarana Jembatan Penghubung Bagi Pelajar SMA Di Provinsi Masing Masing Dengan Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset Teknologi Karena Sebagai Agent Of Change Di Era Merdeka Belajar, Siswa Diberi Ruang Dalam Mengekspresikan

Diri, Menyampaikan Aspirasi, Dan Memberi Kritik Saran Untuk Kemajuan Pendidikan Indonesia Nantinya."tutur Marcello.


Adeleyda Maria Makalew mengatakan,Menjadi siswa berprestasi tentu saja tidak datang dengan sendirinya.


"Butuh motivasi dan dorongan yang tinggi. Hal itu sangat penting agar kita selalu memiliki motivasi yang kuat. Sehingga motivasi tersebut akan menggerakkan kita untuk meraih prestasi tinggi.kita pun akan berusaha keras untuk mewujudkannya."kata Makalew di aminkan Lontokan.


Biodata dan prestasi : 

Marcello Sergio Lontokan

TTL : Amurang, 09 Maret 2006


Prestasi :2021-2022

Juara 2 Duta GenRe Kab. Minahasa Selatan 2021


Duta GenRe Prov. Sulut 2022

Juara 3 Lomba Essai Tingkat Nasional 2022 Diselenggarakan Oleh Stikes Jogjakarta


Medali Perunggu  Indonesian Insight Science Olympic 2022 (IISO) Bidang Biologi


UMKM Terbaik Lomba Fotografi SMA Nasional (CEFHS) 2022 Kementerian Keuangan.


Biodata dan Prestasi :

Adeleyda Maria Makalew

TTL.Tomohon 5 September 2005

Prestasi. 2021 Juara 3 lomba menyayi Bahasa Jepang.

Silver Medali Nasional English Cieverest Olimpiad.


2022. : Medali perak Bidang Matematika.

Perunggu Bidang Bioligi Se-Indonesia Future scientist olimpiad.

Medali emas Try out KSN bidang Kimia

medali perunggu bidang Saintek Try out nasional Batch 1 oleh POSI.

Silver Medali In nasional Environmental Scine olimpiad

finalis IRC SMA bidang Kimia wilayah Indonesia Timur.   (Dotu)





×
Berita Terbaru Update