Notification

×

Iklan

Iklan

Ketua Komisi IX DPR RI Felly Runtuwene, Gandeng BPPOM, Gelar Reses Di-Dendengan Manado

Sabtu, 16 Juli 2022 | 18:06 WIB Last Updated 2022-07-16T10:52:49Z

 


MANADO KOMENTAR - Ketua Komisi IX DPR-RI Felly Estelita Runtuwene(FER) Gandeng, Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan(BPPOM) Manado, jumat 15/7, mengadakan reses dikelurahan Dendengan kota Manado.


FER, panggilan akrabnya, bersama kepala Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Manado Dra. Hariyani, Apt, melaksanakan kegiatan sosialisasi, guna memberikan informasi kepada warga menyangkut cara-cara yang tepat pengecekan obat, makanan, kosmetik dan lainnya.


Sosialisasi ini dikandung maksud agar masyarakat kita manado terutama warga dendengan kecamatan Paal 2, dan kec Tikala dapat dengan teliti mengkonsumsi maupun memakai produk dengan baik dan aman.


Politisi partai Nasdem ini menyampaikan, Ketika akan belanja ingat cek KLIK (Kemasan, Label, Izin Edar dan Kadaluwarsa) selalu agar terlindungi dari obat dan makanan Ilegal.


"Cek KLIK yaitu cek Kemasan, jangan beli produk dengan kemasan yang telah rusak atau penyot meski sedikit, cek Label baca dahulu Label berisi informasi produk sebelum dibeli, cek Izin edar apakah produk tersebut sudah terdaftar apa belum dan yang terakhir cek kadaluarsa, jangan beli atau konsumsi obat dan makanan yang telah kedaluarsa,” ujar Felly Runtuwene.


Lanjut FER, untuk cek Izin Edar obat dan makanan bisa di lihat lewat aplikasi CEK BPOM di Handphone.


Semenatara itu Kepala Balai Besar POM di Manado, Hariyani memaparkan produk-produk obat dan makanan yang tidak aman dikonsumsi serta bahayanya jika tetap dikonsumsi.


Selain itu Kepala Balai Besar POM di Manado ini menyampaikan masih banyaknya ditemukan Herbal yang mengandung Bahan Kimia Obat, Kosmetik terutama Krim Pemutih yang menggunakan merkuri serta maraknya penyalahgunaan obat-obatan tertentu.


“Masyarakat harus cerdas memilih obat, makanan dan kosmetik agar terhindar dari produk-produk ilegal,” Katanya.


Ketua Komisi IX DPR-RI, FER mengatakan kegiatan ini adalah bagian dari tupoksinya untuk menjaring aspirasi warga Sulawesi Utara dalam kapasitas sebagai anggota DPR-RI dan juga terus memberikan edukasi ke masyarakat tentang sosialisasi ini.


“Bersama dengan Balai Besar POM di Manado, kami mensosialisasikan bagaimana cara membeli produk obat dan makanan dengan aman agar tidak salah dalam mengkomsusinya,” Kata Felly.


Di-sisi lain warga kelurahan Dendengan yang tak menyebutkan nama menyambut baik kegiatan sosialisasi yang di laksanakan oleh Felly Runtuwene berkolaborasi dengan BBPOM Manado.


“Terima kasih ibu Felly, kiranya hal ini menjadi bagian penting untuk kami masyarakat tapi juga untuk tugas ibu sebagai Ketua DPR RI,” tutupnya.

*Jovan*

×
Berita Terbaru Update