Notification

×

Iklan

Iklan

Bimtek Tahap 1 Smart City Digelar, Pemkot Bitung Hadirkan Ahli Dari UGM

Kamis, 09 Juni 2022 | 21:12 WIB Last Updated 2022-06-09T15:52:25Z

 



BITUNG KOMENTAR-Pemerintah kota Bitung, Rabu (8/6/2022) kemarin menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) tahap 1 smart city, dengan menghadirkan akademisi sekaligus ahli penyusunan master plan smart city, dari Universitas Gajah Mada (UGM) Jogja yakni Rini Rachmawati.


Rini dikenal sebagai ketua tim smart city dan staf pengajar prodi pembangunan wilayah, departemen geografi pembangunan, fakultas geografi Universitas Gadjah Mada. Kegiatan ini sendiri dibuka oleh WaliKota Bitung, Ir. Maurits Mantiri, MM di ruang SH Sarundajang.


Wali Kota Bitung mengatakan, pembangunan Kota Cerdas atau Smart City merupakan salah satu pembangunan perkotaan yang didukung pemanfaatan teknologi, informasi dan komunikasi yang handal dalam berbagai hal. “Dengan adanya hal tersebut, Kota Bitung adalah Kota pertama yang mendeklarasikan sebagai Kota Digital,” kata Mantiri.


Mantiri juga mengatakan, dalam dunia digitalisasi, proses berpikirnya terintegrasi, holokrasi atau dalam bahasa sehari-hari kita kenal dengan istilah baku malendong.


“Kalau kita masih berpikir dengan ego masing-masing, maka kita tidak akan pernah berpikir digital. Artinya mari kita saling berkolaborasi agar menghasilkan sesuatu yang lebih baik, lebih cepat, lebih tepat dalam pelayanan kepada masyarakat Kota Bitung,,” ujar Maurits seraya menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Bitung akan membuat kerja sama dengan Universitas Gadjah Mada dalam rangka peningkatan kualitas mutu para ASN yang ada di Kota Bitung.


Dalam kegiatan tersebur juga dilakukan penandatanganan komitmen smart city dan disaksikan Kapolres Bitung, AKBP, Alam Kusuma, SH, SIK, MH, Asisten II, Kadis Kominfo, beberapa Camat dan peserta bimtek smart city tahap satu. 




×
Berita Terbaru Update