Notification

×

Iklan

Iklan

Suami Lurah Bitung Diduga Lecehkan Wartawan Minsel

Kamis, 20 Januari 2022 | 20:07 WIB Last Updated 2022-01-20T13:34:02Z


AMURANG KOMENTAR - Persatuan wartawan di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) akan melaporkan akun Facebook (FB) bernama John Piay, lantaran diduga menghina Profesi Wartawan .



Seorang lelaki yang diduga merupakan suami Lurah Kelurahan Bitung Kecamatan Amurang, Kabupaten Minahasa Selatan,inisial JP diduga melecehkan profesi wartawan. Hal tersebut terungkap setelah beredar tangkapan layar (screenshot) postingan status update oknum JP yang diunggah ke media sosial Facebook.





Akun tersebut dalam kolom komentar menuliskan kata-kata kasar dan menyebut wartawan seperti binatang Monyet.




Dalam postingan tanggal 10 Januari 2022 tersebut oknum JP mengutarakan kalimat-kalimat yang diduga ditujukan kepada salah satu wartawan di Biro Minahasa Selatan. Bahkan dalam postingan tersebut oknum JP tidak segan-segan menyebut Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Selatan (Minsel).



"Bupati dan Wakil Bupati Minsel tidak pernah mengamanatkan atau menginstruksikan mengganti Pala (perangkat kepala jaga) sesuai warnah, tetapi itu adalah kebijakan para Lurah,"


"Hai ngana (kamu) WTS wartawan tanpa surat kabar mo stel tunjung pande dengan aturan (mau coba tunjuk pintar dengan aturan) Wartawan "YAKI^ Ngana," tulis JP dalam kolom postingan Facebook nya.




Para pekerja pencari berita di Kabupaten Minsel mengecam ucapan oknum JP di Media Sosial tersebut yang dinilai melecehkan profesi wartawan.



Salah satu wartawan Biro Minsel Onal Mamoto mengatakan bahwa ungkapan tersebut tidaklah pantas dan tidaklah beretika apalagi istri seorang pejabat Lurah untuk diperlihatkan di media sosial Facebook.



"Itu tidaklah pantas, sudah mencederai profesi kami sebagai penyaji berita yang merupakan pilar keempat di Negara Kesatuan Republik Indonesia," ungkapnya pada Rabu (19/01/2022).




Meski postingan tersebut telah dihapus, tangkapan layar (Screenshot) dijadikan bahan laporan ke polisi. diketahui, pemilik akun tersebut merupakan oknum suami dari Kepala Kelurahan (Lurah).




Lurah Bitung Amurang Yanti Sumual SH, ketika dimintai tanggapan terkait ucapan suaminya di media sosial yang diduga telah mencederai profesi wartawan dan menyakiti hati para pencari berita mengatakan.




"Saya tidak tau tentang hal itu.saya saja tidak berteman dengannya (suami) di Facebook, coba tanyakan langsung ke orangnya saja," kata Lurah, Selasa (18/01/2022).



Para insan Pers Biro Minsel kemudian berencana untuk mempolisikan oknum JP terkait postingannya di media sosial Facebook tersebut.



Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Minahasa Selatan Mouren Winerungan ketika dihubungi media ini mengatakan pernyataan itu melecekan insan pers.




"Kami PWI dan Pers Minsel Mengecam atas kejadian ini Dia (oknum) Harus meminta maaf dan mengklarifikasi apa maksud dengan kata-kata kotor pada postingannya,Ketika dia menyebut oknum wartawan, itu tidak masalah bagi kami. Tapi dia menyebut wartawan seperti  binatang, itu yang kami tidak terima. Karena wartawan adalah profesi kami,”ujar ketua PWI Minsel Mouren Winerungan.(Dotu)

×
Berita Terbaru Update