Notification

×

Iklan

Iklan

Puluhan Peserta Bersaing Diajang Putra Putri Bitung

Selasa, 05 Oktober 2021 | 10:29 WIB Last Updated 2021-10-05T02:29:19Z

BITUNG KOMENTAR-Puluhan putra dan putri berparas cantik dan tampan, di Kota Bitung Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mengikuti pemilihan Putra Putri  Bitung tahun 2021.   Pemilihan putra dan putri Bitung tahun 2021, resmi di mulai dibuka secara langsung oleh Wali kota Bitung Maurits Mantiri didampingi Audy Pangemanan Sekda Kota Bitung, Ketua Ikatan Putra Putri Bitung Pdt Yessy Dandel Kotambunan, Leonardo Axel Galatang Pembina ikatan putra dan putri Bitung, Pingkan Kapoh Kepala Dinas Pariwisata dan Elrina M. A. Tinangon ketua Panitia pelaksana sekaligus Kabid Pengembangan Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Bitung, Senin (5/10/2021/) kemarin.


Pada saat pembukaan, diikuti peserta putra sebanyak 18 orang dan 22 orang peserta putri dari sejumlah perangkat daerah di lingkungan pemerintah Kota Bitung, dari kecamatan, kelurahan, Kelompok sadar Wisata (Pokdarwis).   Kemudian dari Auto Bless variasi, Pelatihan Pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) dan dari Sekolah menengah atas (SMA) Kristen Tumou Tou Girian.   


Menurut Ir Maurits Mantiri Wali kota Bitung, pemilihan putra putri Bitung ada tujuan dan pasti ada harapan yang akan di capai.  Maurits Mantiri yang membuka secara resmi pemiliha putra putri Bitung tahun 2021, sekaligus dengan memberikan materi tentang visi misi serta kepemimpinan.  


Menurut Maurits dalam kontestasi seperti ini, perjuangan diri sendiri tanpa campur tangan orang lain agar menepis anggapan kenapa yang terpilih tidak punya wawasan dan pengetahuan.   


Kepada dewan juri juga Maurits berpesan, agar menyampaikan sejak awal apa yang menjadi penilaian dan tolak ukur agar jelas dan di terima oleh mereka yang kalah serta mangakuinya.  


"Jangan sampai ketika kalah membuat cerita macam-macam, padahal saat di tes tidak memjawab apa-apa. Harus bertanggung jawab, punya kecakapan dan kemampuan menjawab pertanyaan, soal-soal dan lainnya dalam teknis pemilihan putra putri Bitung," jelasnya. 


Maurits menegaskan dalam pemilihan kali ini tidak ada yang meminta tolong kepada walikota, untuk membantu dalam kesempatan mengikuti pemilihan Putra putri Bitung.


Bicara mengenai kesempatan, liat pengalaman dan putra putri Bitung terdahulu dimana kesempatan dalam hidup berbeda dengan kesempatan meraih pemenang dalam kontestasi pemilihan.   


Ada tiga jalan meraih kesempatan, pertama jalan keselamatan berdasarkan iman dan kepercayaan, kemudian jalan kehidupan sesuai kompetensi dan kemampuan serta lobi, ketika kesempatan jalan-jalan.,  


"Ada tiga hal utama dalam pemilihan seperti ini, mulai dari Brain, Beauty, Behavior dan Brave," tambahnya.  


Pada kesempatan itu juga, dia menyampaikan terkait keberadaan kota Bitung dalam Rencana pembangunan jangka nenengah daerahg (RPJMD) ditentukan menjadi kota Digital sehingga peserta putra putri Bitung harus memiliki media sosial.  


Bahkan Maurits bergoyon peserta pemilihan putra putri Bitung, harus memfollow Tik Tok dan Instagram untuk dibantuk atau di endors.  


Terkait dengan kemampuan peserta pemilihan Putra Putri Bitung, Maurtis tidak under estimate di dunia media sosial karena disetiap masa ada orangnya dan setiap masa ada orangnya. 


Harus mengikuti transformasi dan literasi digital menjadi hal yang penting di era saat ini, karena popularitas Hillary Clinton Presiden Amerika Serikat bisa dikalahkan oleh sekelompok orang dari luar Amerika lewat digital yang tidak bisa dideteksi.  


"Kekuatan digitalisasi, sangat menentukan masa depan. Yang belum paham digital harus diikuti. Karena media saat ini sudah online apalagi media mainstream, namun harus dilihat fake news atau berita hoax, berita bohong," pesannya.  


Pihaknya berharap, kota Bitung sebagai kota Digital bisa dipakai untuk bangun ekosistem dan jembatan emas dalam meraih keberhasilan seperti yang dilakukan Ir Soekarno. 


"Jika ingin merubah cara hidup, di mulai dari diri sendiri, berpikir positif, punya ide dan perbuatan agar bisa menuai kebiasaan serta karakter hidup yang baik apalagi dalam ajang pemilihan Putra Putri Bitung," tutupnya.



×
Berita Terbaru Update