Notification

×

Iklan

Iklan

Peringati HUT Ke-57 Provinsi Sulawesi Utara, DPRD Gelar Rapat Paripurna

Jumat, 24 September 2021 | 20:30 WIB Last Updated 2021-09-28T03:08:14Z

 


MANADO KOMENTAR- Kamis 23 september 2021, diruang sidang, DPRD Sulawesi Utara menggelar rapat paripurna dalam rangka mempetingati HUT provinsi Sulut ke 57.




Rapat yang dipimpin Ketua DPRD  Fransiscus Andi Silangen, bersama pimpinan DPRD Viktor J Mailangkay dan Billy Lombok serta dihadiri Gubernur Olly Dondokambey, dan Wakil Gubernur Steven Kandouw.



Di ketahui pada pelaksanaan paripurna HUT provinsi tetap mengedepankan protokol kesehatan pandemi Covid 19 yang diperketat, juga dilakukan pembatasan kehadiran peserta.




Sementara pelaksanaan paripurna HUT Provinsi ini juga dimeriahkan dan ditampilkan aspek budaya yang dikuti tiga perwakilan budaya daerah yang ada antara lain menampilkan pakaian khas minahasa, nusa utara dan bolaang mongondou, selanjutnya untuk peserta semua dikenakan pakaian adat bahkan dipilih empat perwakilan peserta terbaik dalam mengenakan pakaian adatnya masing-masing. 



Juga ditampilkan tarian adat kabela dari bolaang mongondow, seperti diketahui tarian kabela tersebut biasa ditampilkan saat menjemput tamu yang datang dari jauh maupun dekat.


Tarian kabela dalam bahasa mongondouw yang artinya boyo-boyo ini disebut tempat sirih pinang, selain itu juga ditampilkan adat dari daerah nusa utara yang disebut masamper juga tarian maengket dari daerah Minahasa.



Selanjutnya Ketua DPRD Sulut, Fransiscus Andi Silangen mengatakan bahwa melalui perjalanan panjang sehingga kita tiba diusia yang ke 57 tahun provinsi sulawesi utara." Dengan berbagai kemajuan dan keberhasilan tentulah tak lepas dari beragam upaya dari kerja keras dari pemimpin-pemimpin daerah Juga sebelumnya didukung dengan segenap komponen warga sulut yang juga dikenal masyarakat religius, adaptis dan pekerja keras." Kata Andi Silangen.



Jauh sebelum bangsa ini berdiri, dikatakan silangen kipra dan karya putra-puteri terbaik sulut tercwatat dengan tinta emas dalam lintasan sejarah bangsa." Tradisi mencetak sejarah anak bangsa terus diukir oleh para pemimpin kita termasuk gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wagub Steven OE Kandouw." Ujar  wakil rakyat nusa utara ini.



Silangen juga mengatakan walaupun ditengah kondisi pandemi tidak melunturkan semangat dan juang gubernur dan wakil gubernur dalam mengerakan semua srktor pembangunan didaerah ini, sehingga kerja tulus ini diapresiasi berbagai pihak, termasuk pemerintah pusat. 


Dia juga membeberkan semua deretan prestasi yang ditunjukkan oleh gubernur dan wakil gubernur Sulut. Penghargaan dari komisi pemberantasan korupsi(KPK) sebagai peringkat pertama dalam kordinasi supervisi dan pencegahan(korsupgah)korupsi monitoring prevension KPK, penghargaan dari badan pusat statistik atas kinerja dari pemetintah provinsi sulawesi utara dalam mendorong pertumbuhan ekonomi tertinggi menembus angka 8.69 Persen tertinggi di Indonesia.


Selain itu penghargaan  pembangunan abdi bakti tani tahun 2021 dari presiden republik indonesia yang diserahkan langsung wakil presiden atas keberhasilan sektor komoditas pertanian tertinggi 


"Terakhir gubernur kebanggaan kita mendapat penghargaan dan  pengakuan sebagai gubernur terpopuler versi media digital dan anugerah humas indonesia." terangnya.


Kinerja pemerintahan yang luar biasa ini, kata silangen sangat menginspirasi DPRD terus berkarya bagi peningkatan kesejateraan masyarakat Sulawesi Utara melalui optimalisasi tugas pokok dan fungsi DPRD adalah fungsi pembentukkan perda, dan anggaran.


Dia memastikan DPRD Sulut terus meneruskan mengoptimalkan dan memandang kinerjanya." Kami memandang penting dan mensinergikan DPRD kabupaten dan kota serta Pemerintah Provinsi dan kabupaten dan kotanya." Ungkapnya.


DPRD pun mengagas pembentukan forum pimpinan DPRD seprovinsi sulawesi utara, " Dimana kami merencanakan mengadakan pertemuan semua pimpinan DPRD sesulawesi Utara untuk membicarakan tugas pokok dan fungsi DPRD." Urainya.


Komitmen DPRD Sulut dalam mendukung pemerintah daerah mengantar sulut maju dan sejaterah, Indonesia maju sebagaimana tema peringatan HUT ke 57."Dalam kaitan dengan hal tersebut maka kami konsisten dengan sejumlah  program dan kegiatan pemerintah daerah, termasuk menangani pandemi Covid 19 dan penanganan berbagai bencana lainnya, seperti bencana banjir yang melanda sebagian masyarakat minahasa utara dan bolaang mongondouw sambil terus mengoptimalkan kinerja DPRD."tuturnya.


Beragam upaya ini pimpinan dan anggota DPRD menyadari eksistensi sebagai wakil rakyat adalah kepercayaan dan anugerah Tuhan."Kami sungguh menyadari berat beban yang harus kami pikul, oleh karena itu sebagai umat yang beriman kami awali dengan kegiatan sehari-hari dengan peribadatan secara bersama.Saya tentu semua berkeyakinan bila kita bekerja dengan mengandalkan Tuhan,maka tangan Tuhan akan memberkati daerah kita sebagaimana janji Tuhan dalam ibrani 13: 5b, Aku sekali-kali tidak akan membiarkan dan sekali-kali tak akan  meninggalkan engkau."tuturnya.


Usai paripurna dilakukan peresmian proyek fisik yang dibiayai APBD tahun 2021, dan disaksikan para tamu undangan serta sekwan Gladi Kawatu.


Sementara gubernur Sulut Olly Dondokambey menyampaikan terima kasih kepada semua stake holder dan DPRD Sulut dalam menopang kerja pemerintah


"Kita bersyukur bahwa ditengah dinamika  pandemi kita bisa mencapai semuanya ini, untuk itu kata gubernur mengajak seluruh rakyat untuk menjaga kerukunan dan terus membangun daerah Sulut. " tegas Gubernur Sulut 2 periode


Pada Kesempatan tersebut turut dihadiri srm7a anggota DPRD Sulut, unsur seluruh Forkopimda Sulut, Walikota dan Wakil Walikota/ Bupati dan Wakil Bupati sesulut, selain itu juga Ketua-ketua DPRD sesulut serta para undangan lainnya.


*jovan* ADVETORIAL








×
Berita Terbaru Update