Notification

×

Iklan

Iklan

Bangun Jaringan Wi-Fi di Lembeh, MM-HH Gandeng PT. Infotek Global Network

Senin, 06 September 2021 | 17:46 WIB Last Updated 2021-09-06T09:47:08Z


BITUNG KOMENTAR-Pemerintah Kota Bitung menggandeng PT. Infotek Global Network untuk mendukung ketersediaan internet di wilayah Pulau Lembeh. 


Kerjasama ini diawali dengan Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri dengan Mon Winowoda selaku Direktur Utama (Dirut) PT. Infotek Global Network, Senin (6/9/2021) bertempat di Tribun Kantor Wali Kota Bitung.


Menurut Winowoda, Pulau Lembeh adalah bagian dari Kota Bitung yang memiliki potensi alam yang luar biasa. Dengan kerjasama ini, pihaknya akan membangun infrastruktur telekomunikasi dan informatika dengan layanan internet hingga ke seluruh pelosok pada dua kecamatan di Pulau Lembeh yakni Lembeh Selatan dan Lembeh Utara. 


 Mengingat sampai saat ini, kata Winowoda, layanan internet belum sepenuhnya menyentuh. Khususnya yang wilayahnya terpencil atau jauh dari akses internet (blank spot). Padahal kebutuhan akan digitalisasi sangat diperlukan dalam berbagai bidang.


“Sekarang sudah jamannya teknologi. Jadi mau tidak mau harus bisa diakses oleh masyarakat. Nah inilah bentuk kesepakatan bersama dengan Pemkot Bitung dengan visi misi menuju kota digital, tentunya layanan internet bisa sampai di seluruh wilayah Pulau Lembeh,” katanya. 


Wali Kota Bitung Maurits Mantiri dalam sambutannya menyampaikan, transformasi digital tidak mungkin terjadi apabila sebagian besar wilayah belum tersambung internet. Dengan ketersediaan internet hingga ke pelosok, maka setidaknya akan menciptakan transformasi keadilan, karena selama ini konektivitas digital hanya dinikmati oleh penduduk kota besar.


“Yang namanya konektifitas jaringan itu penting. Karena menjadi bagian dari pembangunan infrastruktur daerah. Untuk itu, saya minta Dinas Kominfo Pak Franky sebagai kepala dinas dan Pak Sem Kabid Layanan Informasi Humas dan Persandian Kota Bitung yang juga putra Lembeh untuk segera menindaklanjuti MoU ini dan nantinya bisa membangun komunitas – komunitas IT,” ucapnya. “Sesuai dengan visi misi Maurits-Hengky untuk menjadikan Bitung Kota Digital dengan program 1000 titik WiFi di Kota Bitung akan segera terealisasi. Atas nama Pemerintah Kota Bitung mengucapkan terimakasih kepada PT. Infotek yang sebelumnya sudah bekerja dengan cinta, walaupun tanpa dengan MoU,” tutup Wali Kota. 


Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan informatika (Kominfo) Franky Sondakh dalam laporannya mengatakan, sebelumnya 2 (dua) provider sudah bekerjasama dengan Pemkot Bitung terkait dengan digitalisasi di Kota Bitung yakni PT. Telkom dan Icom Net.


“PT. Infotek Global Network yang akan memasang bahkan sudah memasang lewat program CSR, satu titik di kelurahan  Lirang, Kelurahan Dorbolaang dan kelurahan Pasir Panjang. Hingga hari ini sudah ada 24 titik yang sudah terpasang,” singkatnya. 


Terpisah, Kabid Layanan Informasi Humas dan Persandian Kota Bitung Drs. Semuel Muhaling menjelaskan bahwa saat ini pemasangan WiFi tersebut diprioritaskan bagi wilayah di pulau Lembeh yang masih masuk Blank Spot. 


“Sasaran pemasangan ada 120 titik. Dari ke 24 titik yang sudah terpasang diantaranya, Kelurahan Lirang 5 titik, Mawali 10 titik, Dorbolaang sudah 7 titik dan Kelurahan Pasir Panjang 2 titik,” urainya. 


Sem Muhaling menambahkan bahwa titik WiFi tersebut akan dipasang di semua RT di Pulau Lembeh. “Targetnya sebelum bulan Desember, 120 titik di Pulau Lembeh sudah bisa online. Intinya Pemkot Bitung melalui Dinas Kominfo akan berkomitmen dalam waktu 3 (tiga) bulan sudah bisa dinikmati masyarakat Pulau Lembeh,” pungkasnya. 


Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Satpol PP Forsman Dandel, Kepala Bagian Kerjasama Pemkot Bitung Rio Karamoy, Direktur Operasional PT. Infotek Global Network Frangky Tumion, Camat Lembeh Selatan, Camat Lembeh Utara, jajaran Dinas Kominfo Kota Bitung dan jajaran PT. Infotek Global Network.

×
Berita Terbaru Update