Notification

×

Iklan

Iklan

POLITISI PSI SULUT JURANI RURUBUA, RAIH PENGHARGAAN LEGISLATOR TELADAN 2019

Sabtu, 21 Desember 2019 | 20:20 WIB Last Updated 2019-12-21T12:36:25Z

MANADO KOMENTAR-Politisi Partai Solidaritas Indonesia Sulawesi Utara Jurani Rurubua. SST, didaulat sebagai Legislator teladan dan paling berdedikasi di Sulut, oleh Forum Pemantau Parlemen (FPP).

Penghargaan itu, diterima Jurani dalam sebuah hajatan berlebel “Wakil Rakyat, Wakil Parpol atau Wakil Siapa”, disalahsatu tempat di Manado, Jumat (20/12/2019).

Menurut Wakil Ketua FPP Sonny Undap, penetapan Jurani sebagai Legislator teladan dan paling berdedikasi di Sulut, setelah FPP melakukan pemantauan terkait  peran para legislator dalam melakukan pengawasan, Legislasi dan budgeting.
“Kita akhirnya menetapkan Ibu Jurani Rurubua sebagai Legislator teladan dan paling berdedikasi. Saya kira pilihan kami sangat tepat, mengingat Ibu Jurani adalah sosok yang peduli dengan kepentingan rakyat. Kita juga mengambil referensi dari berbagai media yang menulis tentang kiprah Anggota DPRD Manado itu,”kata Undap dihadapan puluhan wartawan.

Yang menarik kata Undap, adalah sikap Jurani yang sebelum dilantik, langsung mengembalikan PIN Garuda ke Sekretariat DPRD. Selain itu kata Undap, eksistensi Jurani Rurubua dalam mengikuti pembahasan Anggaran di DPRD Manado, menjadi bagian penilaian FPP.

”Meski masih tergolong baru di dunia politik, tapi Ibu Jurani mampu merebut hati masyarakat kota Manado dengan berbagai terobosan yang dia lakukan, termasuk membantu masyarakat yang kekurangan. Apalagi kehadiran Ibu Jurani di DPRD berotientasi pada pengabdian. Artinya DPRD bukan dijadikan untuk menafkahi keluarganya,”tegas Undap.



Ditempat yang sama, Ketua FPP Alexander Mellese menjelaskan, bahwa terobosan lain yang juga ikuit dinilai adalah menyediakan  rumah aspirasi untuk rakyat. Dan yang terakhir kata Mellese, Jurani berani menyampaikan besaran serta penggunaan dana reses anggota DPRD Manado.
“Belum ada satu anggota dewan yang berani membuka secara terang-terangan, besaran dana reses, sekaligus berapa yang dia gunakan saat melaksanakan reses. Artinya Jurani tidak hanya menyampaikan transparansi penggunaan uang Negara kepada partai. Dia berani menyampaikan hal itu kepada masyarakat lewat berbagai media,”ungkap Mellese.

Dia kemudian menjelaskan, bahwa kehadiran Jurani di DPRD Manado telah membawah warna baru.”Jurani adalah politisi yang tidak hanya membawa janji semata. Apa yang sudah diucapkan pasti terjawab dengan perbuatan nyata. Saya kira Jurani layak untuk penghargaan itu,”tandasnya.
Sekretaris FPP Jelly Winsi Siwi berharap penghargaan itu makin memotivasi Wakil Ketua DPD PSI itu untuk menunjukkan kinerja terbaik sebagai wakil masyarakat.
 “Saya berharap, penghargaan ini memotivasi ratusan legislator lainnya di Sulut. Mulai tahun depan, kami akan mengumumkan wakil rakyat setiap tiga bulan. Kategorinya juga akan kami tambah,” ungkap Siwi.

Pria yang akrab disapa JWS ini menyampaikan terima kasih kepada semua insan pers Sulut. “Pemberitaan di media, baik cetak maupun elektronik juga menjadi acuan kami dalam menentukan legislator terbaik,” ucapnya.

Dikesempatan itu, Jurani menyatakan keheranannya atas penghargaan yang dia terima, karena menurut dia, ada begitu banyak Anggota DPRD di Sulut layak untuk menerima penghargaan serupa.

 “Terima kasih atas penghargaan ini. Sejujurnya saya bekerja bukan untuk tujuan mendapatkan penghargaan, karena DPRD bukan segalanya bagi diriku. Jika saya boleh berbuat untuk menyenangkan orang, maka itu adalah tujuan utama. Saya tidak pernah bermimpi akan sampai ke DPRD karena sesungguhnya,dalam Pileg beberapa waktu lalu, saya hanya melengkapi 30 persen kaum gender. Tapi Tuhan ijinkan saya untuk dipilih olah rakyat. Padahal dibalik ini, saya punya pekrjaan yang menghasilkan uang jauh lebih besar dari gaji yang saya terima di DPRD. Maaf, bukannya sombong, tapi terus terang, bahwa ketika saya menerima amanah rakyat untuk duduk sebagai Anggota DPRD, ada begitu banyak yang hilang dari hasil pekerjaan saya. Tapi saya percaya, bahwa Tuhan telah menempatkan saya di Lembaga yang terhormat ini, meski terkadang hati saya menangis, karena ternyata di DPRD tidak seperti yang saya bayangkan sebelumnya. Tapi meski hanya satu-satunyawakil PSI, saya tidak merasa sendiri. Ada Tuhan yang selalu bersamaku dan teman-teman wartawan,”ungkap Jurani.

Dia berharap, FPP yang telah mengganjar dirinya dengan penghargaan, akan terus maju dan menjadi organisasi yang besar”Sukses untuk teman-teman FPP,”tandas politisi cantik murah senyum ini.(jose)


×
Berita Terbaru Update