Notification

×

Iklan

Iklan

GELAR BIMTEK. ALTIN SUALANG JADI PEMATERI DIHADAPAN RATUSAN PERANGKAT DESA SE-KABUPATEN MINSEL

Jumat, 06 Desember 2019 | 12:31 WIB Last Updated 2019-12-06T15:48:35Z
ALTIN SUALANG
MINSEL KOMENTAR-Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Altin Sualang. SSTP. MPA mengatakan, Para hukum tua, perangkat dan pegurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) se-Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), mengikuti pembekalan lewat kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) selama tiga hari, sejak tanggal 04 hingga 06 Desember 2019.

Dijelaskan Sualang,  para peserta Bimtek mendapat paparan mengenai pengelolaan dan pengembangan Bumdes, termasuk soal prioritas penggunaan dana desa (Dandes).


Bimtek yang diikuti oleh 167 desa di 17 Kecamatan itu, berlangsung serius namun menarik.

Metode pemaparan yang disampaikan oleh Altin Sualang, yang juga  Kabag Humas dan Protokoler Setdakab Minsel itu, begitu Muda dipahami sehingga para peserta Bimtek dapat dengan Muda memahami setiap materi yang disampaikan.

Hal itu terlihat saat ada tawa dan senyum pada bagian tanya jawab bimtek yang digelar disalah satu hotel di Manado itu.

Sualang kemudian menjelaskan, bahwa Dandes adalah dana bersumber dari APBN, untuk membiayai berbagai kegiatan Desa yang ditransfer melalui APBD.


“Dandes digunakan untuk mendanai penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat,” ujar Sualang.


Lalu kata Sualang, Dandes adalah alat yang diprioritaskan untuk pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat. “Jadi kita sepakat dandes adalah alat, "terang lelaki yang akrab dengan awak media ini.


Secara rinci Sualang kemudian menjelaskan Prioritas penggunaan dandes di Minsel antara lain jalan, pembangunan dan atau perbaikan jembata, drainase, talud, PAUD, posyandu, tambatan perahu, pengeloaan sampah, perpustakaan, bumdes, serta pembangunan sarana olah raga.


"Jadi perlu saya Jelaskan bahwa,  tujuan jadi pengurus bumdes adalah membangun desa. Sedangkan tujuan bumdes adalah untuk meningkatan perekonomian masyarakat lewat peran aktif ekonomi kretatif. Kita tahu bersama peran ekonomi kreatif sangatlah membantu. Seperti kuliner, wisata, kerajinan dan iklan,” terangnya.


Di akhir materi, suami tercinta dari Friska Gerungan ini, kemudian memotivasi para peserta bimtek agar fokus bekerja untuk peningkatan pembangunan dan kesejahteraan rakyat di desa.

“Berpikir kreatif dan inovatif. Jangan terlalu nyaman dengan keadaan. Pergunakan dandes semaksimal mungkin. Kita tidak tahu kapan akan berhenti program dari pemerintah pusat ini. Tetap semangat, "tandasnya.(Dotu
×
Berita Terbaru Update