Notification

×

Iklan

Iklan

Rakernas XVII Apeksi 2024: Presiden Jokowi Dorong Perencanaan Kota yang Visioner, Tomohon Raih Peringkat Kedua dalam Monitoring UMK

Selasa, 04 Juni 2024 | 14:49 WIB Last Updated 2024-06-04T06:49:02Z


TOMOHON KOMENTAR – Walikota Tomohon, Caroll Joram Azarias Senduk, S.H., didampingi oleh Sekretaris Daerah Kota Tomohon, Edwin Roring, S.E., M.E., dan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Kota Tomohon, Drs. O. D. S. Mandagi, M.A.P., serta jajaran Pemerintah Kota Tomohon, menghadiri pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVII Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) 2024. Acara ini berlangsung di BSCC Dome Balikpapan dan dibuka secara resmi oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Selasa (04/06)


Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo menyoroti pentingnya perencanaan kota yang matang dan strategis. "Saya mungkin ingin agak banyak menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan kota, karena ya dikit-dikit saya punya pengalaman dua periode jadi wali kota. Yang kita tahu tahun 1900 itu kota populasinya baru 10 persen. Kemudian tahun 2000-an populasi kota sudah 50 persen dari total penduduk dunia. Tahun 2050 diperkirakan sudah 70 persen dari populasi yang ada. Di Indonesia sendiri, di tahun 2010 itu kota populasinya sudah 49,7 persen. Tahun 2020 sudah 56,7 persen, diperkirakan nanti di tahun 2045-2050 sudah mencapai 70 persen," ujar Presiden Jokowi.


Beliau menambahkan bahwa semua kota harus memiliki desain dan rencana besar yang jelas untuk masa depan. "Oleh sebab itu, yang namanya desain kota, perencanaan besar, strategi besarnya harus disiapkan dari sekarang. Semua kota harus memiliki rencana besar kotanya masing-masing," tambah Presiden.



Selain Presiden, Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Muhammad Tito Karnavian, juga memberikan materi berjudul "Kesiapan Pilkada 2024, Perencanaan dan Ketahanan Ekonomi Daerah." Sementara itu, Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK) Kementerian Keuangan, Dr. Luky Alfirman, S.T., M.A., menyampaikan materi mengenai keuangan daerah. Kepala LKPP Pusat, Hendrar Priadi, juga memberikan laporan mengenai capaian kota-kota terkait hasil monitoring belanja produk UMK pemerintah kota se-Indonesia, di mana Kota Tomohon berada di peringkat 2 dengan capaian 90,58%.


Walikota Tomohon, Caroll Joram Azarias Senduk, menyampaikan apresiasinya kepada penyelenggara Rakernas XVII Apeksi Tahun 2024 di Kota Balikpapan. "Suatu kehormatan bagi kami bisa hadir di kota yang indah ini. Diharapkan Apeksi akan meningkatkan kolaborasi dan sinergi bagi kota-kota yang ada di tanah air. Semoga berbagai permasalahan perkotaan akan dibahas bersama untuk dicarikan solusinya, termasuk menyamakan visi kota dalam berbangsa dan bernegara," ujar Walikota Caroll.



Acara tersebut juga dihadiri oleh Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Ketua Dewan Pengurus Apeksi sekaligus Walikota Surabaya, Eri Cahyadi, S.T., M.T., tuan rumah Walikota Balikpapan, H. Rahmad Mas'ud, S.E., M.E., beserta seluruh Walikota se-Indonesia. Rakernas ini menjadi ajang penting untuk mendiskusikan berbagai isu dan tantangan yang dihadapi oleh kota-kota di Indonesia, serta mencari solusi bersama untuk kemajuan bersama.

×
Berita Terbaru Update