Notification

×

Iklan

Iklan

Kapolri Buka Kemala Run 2024 di ICE BSD dengan 10 Ribu Peserta

Minggu, 09 Juni 2024 | 11:06 WIB Last Updated 2024-06-09T03:06:10Z


TOMOHON KOMENTAR - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo secara resmi membuka acara Kemala Run 2024 yang diikuti oleh 10.000 peserta di ICE, BSD, Tangerang Selatan. Minggu (09/06)


“Kemala Run 2024 di ICE BSD dibuka oleh Bapak Kapolri,” ujar Ketua Panitia Kemala Run 2024, Winta Wahyu Widada dalam keterangan tertulisnya. Acara tahun ini merupakan event ketiga dari rangkaian Tour of Kemala, yang sebelumnya diadakan di Belitung pada 2022 dan Banyuwangi pada 2023.


Kemala Run 2024 menarik 10.000 peserta baik dari dalam maupun luar negeri. Peserta terdiri dari atlet nasional dan internasional, pecinta olahraga lari, komunitas lari, serta keluarga besar Polri dari seluruh Indonesia.


Kemala Run 2024 mencakup empat kategori: Half Marathon sejauh 21 km, 10 km, 5 km, Kids Dash dengan jarak 100, 200, dan 300 meter, serta satu kategori non-lomba untuk peserta disabilitas.


Kapolri didampingi oleh Ketua Pembina Yayasan Kemala Bhayangkari (YKB) Bhayangkari, Juliati Sigit Prabowo, Wakapolri Komjen Agus Andrianto dan Wakil Ketua Pembina YKB Evi Agus Andrianto, Irwasum Komjen Pol Ahmad Dofiri dan Pengurus Ketua Pusat YKB Diana Ahmad Dofiri. Orang nomor satu di Korps Bhayangkara ini mengibarkan bendera start untuk pelari kategori Half Marathon pada pukul 05.45.


Untuk kategori 10K, pelari dilepas oleh Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto. Sedangkan kategori 5K dilepas oleh Ketua Umum Bhayangkari, Juliati Sigit Prabowo. Peserta difabel dilepas oleh Waketum Bhayangkari, Ny. Evi Agus Andrianto, sementara peserta Kids Dash dilepas oleh Ketua Pengurus Pusat Yayasan Kemala Bhayangkari, Diana Ahmad Dofiri.


Ketua Panitia Kemala Run 2024, Winta Wahyu Widada, menyatakan jalur yang dilalui peserta Kemala Run 2024 telah diverifikasi secara internasional oleh Association of International Marathons and Distance Races (AIMS).


“Jadi sertifikat yang diberikan kepada peserta lari Half Marathons 21K, 10K dan 5K itu juga sudah terstandardisasi secara internasional,” ujar istri dari Kabareskrim, Komjen Wahyu Widada ini.


Ia menambahkan bahwa pihaknya mengundang para penyandang disabilitas untuk turut memeriahkan acara Kemala Run 2024. Kategori Kids Dash diselenggarakan untuk mendukung program pemerintah dalam menggalakkan olahraga sejak dini.


“Ada kategori Kids Dash untuk menggalakkan olahraga sejak dini sesuai dengan program pemerintah,” ucapnya.


Winta berharap dengan diselenggarakannya Kemala Run 2024, animo masyarakat terhadap olahraga, khususnya lari, semakin besar.


“Harapan kita animo masyarakat terhadap olahraga ini sangat besar, jadi kita harapkan tahun-tahun mendatang akan melaksanakan program-program olahraga selanjutnya, apakah itu Kemala Run atau cabang olahraga lain seperti tenis atau bola voli, kita bisa adakan di bawah wadah Tour of Kemala,” pungkasnya. (Sumber: Humas Polres Tomohon)

×
Berita Terbaru Update