Notification

×

Iklan

Iklan

Pasar Girian Kembali Terbakar, 30 Lapak dan 9 Rumah Ludes Dilahap Si Jago Merah

Rabu, 22 Mei 2024 | 22:08 WIB Last Updated 2024-05-22T14:08:48Z


BITUNG, komentar.co.id - Sekitar 30 lapak dan 9 Rumah di Pasar Girian, Kelurahan Girian Weru Satu, Kota Bitung, ludes dilalap si jago merah, pada Rabu, 22 Mei 2024. 


Kebakaran yang melanda pasar tertua dikota Bitung tersebut, mengakibatkan puluhan pedagang kehilangan tempat jualan dan kerugian material mencapai 600 juta rupiah.


Dugaan sementara, penyebab kebakaran karena sambungan arus listrik. Keterangan Saksi para pedagang dilokasi kejadian, arus pendek bermula dari salah satu kios tepat diperempatan jalan pasar. 


Rahmat Pulukadang, salah seorang warga juga pemilik kios yang terbakar mengungkapkan, kejadian  bermula ketika terjadi kebakaran jaringan kabel. Terbakarnya kabel listrik didahului oleh turunnya voltase tegangan, dan disusul daya listrik yang normal kembali. 


Dia menjelaskan, Api menjalar melalui kabel lalu merembet kesejumlah bangunan disamping kiri dan kanan, dari sumber kebakaran. 


Api telah berhasil dipadamkan. Beberapa unit pemadam kebakaran dikerahkan pemerintah kota, untuk memadamkan sijago merah. 


Meski berhasil dijinakan dengan bantuan masyarakat sekitar bencana, namun lebih dari 30 dan 9 rumah ludes terbakar.


Hingga informasi ini diturunkan, seluruh stakeholder pemerintah dari BNPB, Perumda Pasar dan pemerintah setempat sedang berupaya mengatasi kondisi krisis pasca bencana. 


Beruntung, kejadian ini tidak mengakibatkan korban jiwa.


Berikut nama Pemilik rumah yang terbakar sesuai keterangan sumber Pemerintah Kelurahan Girian Weru Satu. 


1. Suriati Pulukadang

2. Jahria Pulukadang

3. Abdul Haris Miay Madjo

4. Rahmat Pulukadang

5. Monalisa Pulukadang

6. Fadly Asdin

7. Rio Kiay Demak

8. Samuel Djap

9. Santi Masiliba

×
Berita Terbaru Update