Notification

×

Iklan

Iklan

"Transparansi Pemerintahan: Walikota Tomohon Sampaikan Pertanggungjawaban Tahun 2023 dalam Rapat Paripurna DPRD"

Rabu, 03 April 2024 | 16:06 WIB Last Updated 2024-04-03T08:06:49Z


TOMOHON KOMENTAR - Walikota Tomohon Caroll J A Senduk SH, dalam penyampaian pertanggungjawaban (LKPJ)  untuk tahun 2023 diwakili oleh Sekretaris Daerah Kota Tomohon, Edwin Roring, SE ME. Paripurna dipimpin oleh Ketua DPRD Kota Tomohon, Djemmy Sundah, S.E., didampingi Wakil Ketua DPRD Kota Tomohon, Drs. Johny Runtuwene, D.E.A., dan Erens Kereh, A.M.K.L. Rabu (03/04/2024)


Sekretaris Daerah membacakan sambutan dari Walikota Tomohon, yang diawali dengan ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas berkat dan anugerah-Nya. Dalam sambutannya, ia juga menyampaikan ucapan selamat merayakan Paskah bagi umat Kristen, serta selamat menunaikan ibadah puasa dan menyongsong Hari Raya Idul Fitri bagi saudara-saudara Muslim. Momentum hari besar keagamaan ini diharapkan dapat memperkuat nilai-nilai kerukunan, persatuan, dan persaudaraan.


Pada kesempatan tersebut, dijelaskan bahwa LKPJ merupakan kewajiban konstitusional kepala daerah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Hal ini juga sesuai dengan Permendagri Nomor 18 Tahun 2020 tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2019 tentang laporan dan evaluasi penyelenggaraan pemerintahan daerah.


Dalam LKPJ tersebut, terdapat laporan mengenai realisasi pendapatan dan belanja daerah tahun 2023, pelaksanaan program dan kebijakan, serta capaian kinerja pemerintah Kota Tomohon selama tahun tersebut. Walikota Tomohon mengakui adanya kekurangan yang perlu dievaluasi dan diperbaiki, dan berharap agar DPRD dapat memberikan rekomendasi konstruktif untuk kemajuan Kota Tomohon.


Acara tersebut juga ditandai dengan penyerahan Buku Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Walikota Tomohon tahun 2023 dari Sekretaris Daerah Kota Tomohon kepada Ketua DPRD Kota Tomohon untuk dibahas lebih lanjut.


Rapat paripurna ini turut dihadiri oleh anggota DPRD Kota Tomohon, jajaran Pemerintah Kota Tomohon, dan insan pers sebagai saksi atas pertanggungjawaban yang disampaikan. Semua pihak berharap agar hasil pembahasan LKPJ tersebut dapat memberikan kontribusi positif dan signifikan terhadap kemajuan pemerintahan Kota Tomohon.

×
Berita Terbaru Update