Notification

×

Iklan

Iklan

Operasional Bandara Sam Ratulangi Manado Kembali Normal

Senin, 22 April 2024 | 13:23 WIB Last Updated 2024-04-22T05:23:31Z

Bandara Sam Ratulangi Manado


MANADO KOMENTAR-Setelah ditutup sementara sejak Kamis (18/4/2024), akhirnya operasional Bandara Sam Ratulangi dibuka kembali pada hari ini, Senin (22/4/2024).

Hal ini ditgaskan Humas Bandara Sam Ratulangi, Yanti Pramono kepada sejumlah media lokal di Manado.


Beroperasinya kembali bandara Sam Ratulangi Manado Berdasarkan NOTAM A1054/24 NOTAMC A1041/24, dinyatakan bahwa Bandara Sam Ratulangi Manado sudah bisa beroperasi kembali, setelah sebelumnya ditutup lantaran erupsi Gunung Ruang yang mengeluarkan abu vulkanik yang sangat membahayakan pesawat udara.

Lalu kenapa pesawat tidal boleh melintas di seputaran gunung yang sedang mengeluarkan abu vulkanik?

Diketahui, abu vulkanik yang diakibatkan dari letusan gunung akan sangat membahayakan permukaan pesawat, dimana partikel abu vulkanik yang keras dan tajam dapat menggores permukaan pesawat terlebih kaca depan kokpit dan sayap.



Abu vulkanik juga bisa secara signifikan mengurangi visibilitas, terutama saat lepas landas dan mendarat dapat mengganggu aerodinamika pesawat.



Lalu Abu vulkanik yang masuk ke mesin dapat meleleh dan kemudian mengeras, mengganggu aliran udara dan efisiensi mesin dan dalam kondisi tertentu, dapat menyebabkan mesin berhenti bero.



Jose

×
Berita Terbaru Update