Notification

×

Iklan

Iklan

Walikota Caroll J.A. Senduk Bersama Tim Melaksanakan Konsultasi Strategis dengan Kementerian PUPR

Rabu, 13 Maret 2024 | 20:59 WIB Last Updated 2024-03-13T12:59:32Z


TOMOHON KOMENTAR - Walikota Tomohon Caroll J.A. Senduk, didampingi oleh Sekretaris Daerah Edwin Roring SE, ME, hari ini melaksanakan konsultasi penting dengan Kementerian PUPR. Dalam pertemuan tersebut, Walikota Tomohon diterima oleh Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Bob Lombogia. Rabu (13/3/2024)


Dirjen Bob Lombogia, putra daerah Tomohon yang saat ini menjabat sebagai pejabat eselon 1A di Kementerian PUPR, menyampaikan harapannya agar Kota Tomohon dapat menjadi pilot project kebijakan pengelolaan sumber daya air.


Kebijakan Zero Delta Q, yang mengusung prinsip selisih debit nol, diharapkan dapat mengendalikan risiko banjir dengan efektifitas yang maksimal.


Konsep tersebut mengarah pada pembangunan infrastruktur, terutama perumahan dan kawasan wisata di kaki Gunung Lokon & Mahawu, untuk tidak menyebabkan penambahan air di saluran drainase dan badan sungai.


Setiap tambahan air diharapkan dapat ditampung atau diendapkan ke tanah dengan menyediakan biopori atau sumur resapan, yang juga berperan dalam konservasi air.


Dalam kesempatan tersebut, Walikota Tomohon mengapresiasi sinergitas yang telah terjalin dengan pemerintah pusat, khususnya Kementerian PUPR, dalam mendukung pembangunan infrastruktur yang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Tomohon.


Walikota juga menyerahkan usulan proposal kegiatan untuk penataan kawasan Danau Linau dan Danau Pangolombian, penyediaan air baku, normalisasi sungai, pembangunan checkdam, serta peningkatan jaringan irigasi guna mendukung ketahanan pangan dan kebutuhan air bagi pertanian.


Pada konsultasi ini, Walikota Tomohon didampingi oleh Plt. Kadis PU Kota Tomohon, Royke Tangkawarouw ST, staf khusus Walikota, Kakaskasen Roeroe, serta sejumlah pejabat Pemkot Tomohon.


Pertemuan ini menjadi momentum penting dalam upaya bersama untuk mengembangkan infrastruktur dan kebijakan yang berkelanjutan demi kesejahteraan dan keselamatan masyarakat Kota Tomohon.

×
Berita Terbaru Update