Notification

×

Iklan

Iklan

Rembuk Stunting Kota Tomohon 2024: Komitmen Percepatan Penurunan Stunting

Senin, 18 Maret 2024 | 14:54 WIB Last Updated 2024-03-18T06:54:16Z


TOMOHON KOMENTAR -  Walikota Kota Tomohon Caroll Senduk SH, membuka kegiatan dalam upaya percepatan penurunan stunting di Kota Tomohon, dengan digelarnya Rembuk Stunting tahun 2024, di AAB Guest House. Senin (18/03/2024)


Dalam sambutannya, Walikota Senduk menegaskan komitmen pemerintah dalam menurunkan angka stunting dan menggarisbawahi pentingnya perencanaan yang berkualitas dan terintegrasi untuk mencapai tujuan dalam menurunkan angka stunting, seiring dengan penerapan peraturan Presiden nomor 72 tahun 2021. 


Menyasar penurunan stunting pada balita sebagai sasaran utama, pemerintah kota Tomohon memperluas jangkauan lokus penanganan dari hanya 4 kabupaten/kota pada tahun 2021 menjadi 15 kabupaten/kota di provinsi Sulawesi Utara, termasuk Kota Tomohon.


Fokus utama dalam penanganan stunting adalah intervensi spesifik dan sensitive, yang meliputi peningkatan gizi dan kesehatan serta penyediaan akses air bersih dan sanitasi. Faktor-faktor seperti kemiskinan, kesehatan, sanitasi, lingkungan, dan tingkat pendidikan ibu memiliki dampak signifikan terhadap stunting pada balita.


"Stunting bukan hanya masalah kesehatan, tetapi juga berdampak pada perkembangan intelektual dan kualitas manusia di masa depan," ujar Walikota Senduk, mengajak seluruh masyarakat untuk terlibat aktif dalam upaya percepatan penurunan stunting dan peningkatan gizi anak.


Sementara itu, Kepala BAPELITBANGDA Kota Tomohon, Ibu. Inggrit Palit, SPT.MM, menjelaskan bahwa Rembuk Stunting merupakan bagian dari 8 aksi konvergensi. Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk mendorong identifikasi rencana dan kegiatan intervensi yang terintegrasi guna percepatan penurunan stunting.


Dihadiri oleh berbagai tokoh penting seperti Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Utara, Ketua TP-PKK Kota Tomohon, Wakil Ketua DPRD Kota Tomohon, serta jajaran pemerintah dan tokoh masyarakat lainnya, Rembuk Stunting Kota Tomohon tahun 2024 menjadi momentum penting dalam menggalang komitmen bersama untuk melawan stunting dan meningkatkan kualitas kehidupan anak-anak di Kota Tomohon.

×
Berita Terbaru Update