Notification

×

Iklan

Iklan

Pemerintah Kota Tomohon Terus Berkomitmen Penuhi Standar Kota Layak Anak

Kamis, 28 Maret 2024 | 17:51 WIB Last Updated 2024-03-28T09:51:51Z


TOMOHON KOMENTAR - Di bawah kepemimpinan Walikota Caroll Joram Azarias Senduk SH, Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon terus berupaya memenuhi standar Kota Layak Anak (KLA) di wilayahnya. Meski telah meraih predikat KLA, Pemerintah Kota tidak mengendurkan upaya untuk mempertahankan prestasi tersebut. Rabu (27/03/2024)


Kegiatan untuk mencapai tujuan ini dibuka oleh Walikota Tomohon melalui Asisten I Setdakot Tomohon, ODS Mandagi. Kegiatan berlangsung selama dua hari, dari Rabu hingga Kamis (27-28/3/2024) di Kantor Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak (DP3A) Daerah Kota Tomohon.


Dalam sambutannya, Walikota menekankan pentingnya koordinasi dan kerjasama peserta Bimtek dalam menyiapkan data dan dokumen yang diperlukan untuk memastikan Kota Tomohon tetap layak bagi anak-anak.


Kota Tomohon telah meraih penghargaan sebagai Kota Layak Anak Tingkat Pratama dan Nindya pada tahun-tahun sebelumnya.


Pemenuhan Hak Anak dan Perlindungan Khusus Anak telah diatur dalam berbagai peraturan, termasuk ratifikasi Konvensi Hak Anak dan Undang-undang Perlindungan Anak. Kota Tomohon juga telah menerbitkan Peraturan Daerah (Perda) Tentang Kota Layak Anak.


Dalam laporan sebelumnya, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak (DP3A) Daerah Kota Tomohon menyampaikan bahwa evaluasi Kota Layak Anak pertama kali dilakukan pada tahun 2015.


Kota Tomohon telah meraih penghargaan secara konsisten dengan Predikat Pratama dan Nindya, menandakan komitmen kuat untuk meningkatkan kualitas kehidupan anak-anak di wilayah tersebut.


Pelatihan operator penginputan KLA bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan komitmen peserta dalam penginputan data sesuai dengan indikator-indikator KLA.


Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan dasar hukum yang kuat, termasuk Undang-undang Perlindungan Anak dan Perda Kota Tomohon Tentang Kota Layak Anak.


Dengan demikian, Pemerintah Kota Tomohon terus berupaya meningkatkan kapasitas SDM dan memastikan penuhnya pemenuhan hak anak serta perlindungan khusus bagi mereka, menjadikan Kota Tomohon sebagai contoh yang menginspirasi dalam mewujudkan Kota Layak Anak yang lebih baik.

×
Berita Terbaru Update