Notification

×

Iklan

Iklan

Sukses Bangun Minut, Bupati Joune Ganda Disebut "The Indonesian Next Leaders”

Sabtu, 03 Februari 2024 | 00:23 WIB Last Updated 2024-02-02T16:28:35Z

JOUNE JE. GANDA


MINUT KOMENTAR-Bupati pilihan rakyat Kabupaten Minahasa Utara Joune JE. Ganda. SE. MAP. MM. M.Si masuk dalam deretan 4 tokoh yang ditulis dalam buku "The Indonesian Next Leaders"  (Pemimpin Inonesia Berikutnya), versi Solutee.id yang bekerjasama dengan Media Indonesia.




Dalam buku tersebut , Bupati Joune Ganda disejajarkan dengan 3 tokoh lainnya yakni, Danny Pomanto Walikota Makasar, Sabar AS Bupati Pasaman dan Dwi Indrotito Cahyono, Bakal Calon Bupati Malang. 



Buku berjudul "The Indonesian Next Leaders" dipersembahkan dalam rangka memasuki periode pergantian kepemimpinan di tahun 2024, seiring dengan HUT Media Indonesia ke 54, Solutee.id  lalu menjadi inisiator menulis bulu tersebut bekerja sama dengan Media Indonesia.


 

Tercatat dalam buku berjudul "The Indonesian Next Leaders" Bupati Minahasa Utara Joune J.E. Ganda. SE. MAP. MM. M.Si, sejak memimpin Minahasa Utara pada 2021, beragam penghargaan dari beberapa kementerian dan lembaga berhasil dipersembahkan untuk rakyat Minut. 



Sejumlah penghargaan itu terkait erat dengan nasib rakyat, seperti ketenagakerjaan, nasib anak-anak, soal kesehatan, juga tentang pengendalian stunting. 



Selain itu, ada juga program unggulan yang yang ditorehkan oleh Wakil Ketua Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) ini, yaitu inovasi bibit kelapa yang produktif  dan pengembangan wisata Likupang. 



Gaya kepemimpinan kolaboratif, kooperatif dan partispatif, membuat Joune Ganda yang berlatar belakang pengusaha dan berwawasan global ini dapat menjadi bupati yang handal.



Selain itu, Bupati Joune Ganda juga sangat paham mengenai birokrasi dan membawa kemajuan untuk daerahnya. 


Fokus Kepemimpinan Joune Ganda sangat jelas menyasar pada hal-hal yang mendasar bagi kepentingan hajat hidup orang banyak.



Talenta kepemimpinan dan kinerja  positif itulah yang kemudian menjadikannya suami tercinta dari Ny. Rizya Ganda Davega  menjadi salah satu tokoh yang mendapat penghargaan sebagai salahsatu putra terbaik yang masuk dalam deretan 4 tokoh terbaik daerah yang kemudian dicatat dalam buka berjudul "4 the Indonesia next leader" versi  

Solutee.id yang bekerjasama dengan Media Indonesia.





Selanjutnya ad pula beberpa pejabat dengan ketokohan masing masing sehinngga masuk dalam buku berjudul "the Indonesia next leader"


Masing-masing, Dwi Indrotito Cahyono, Bakal Calon Bupati Malang yang akrab disapa Tito, adalah Aktivis penegakan hukum sejak muda dan menjalani profesi sebagai pengacara sekitar 20 tahun. Banyak kasus hukum yang ditanganinya termasuk Narkoba. Sehingga Tito memahami dan tertarik menjadi Ketua Generasi Narkoba Malang Raya. Ditambah fakta keprihatinannya terhadap angka kasus dan penyebaran narkoba yang meluas sampai ke pelosok kota, desa dan segmen menengah bawah. Banyak kontribusi pemikiran dan inovasi penanganan anti narkoba yang sudah dilakukannya. Atas dorongan partai dan idealismenya memajukan Malang, Tito siap maju untuk menjadi bakal calon bupati Malang. Beliau sudah menyiapkan visi dan program pembangunan di aneka sektor dengan filosofi kepemimpinan yang unik, yaitu semangat mengabdi, bukan mencari. Atas rekam jejak, pengalaman, kontribusi sosial dan jiwa kepemimpinan yang ada, akan sangat potensial untuk beliau menjadi the next leader.





Buku ini layak menjadi dokumentasi beberapa contoh kepemimpinan inspiratif yang diharapkan dapat bermanfaat untuk bangsa dan diperkirakan ada sekitar 3000 jabatan publik di periode paska pimpinan nasional baru terbentuk di tahun ini.



Demikian disampaikan Direktur Utama Media Indonesia, Gaudensius Suhardi,  dalam acara peluncuran versi digital buku The Indonesian Next Leaders di Jakarta, Kamis 01/02/2024).

 


Ada empat klaster kepemimpinan yang di kompilasi dalam buku yakni klaster pejabat publik dari posisi militer, kementerian dan lembaga negara, kemudian yang kedua klaster pejabat pemerintahan daerah, ketiga klaster pemimpin korporasi dan ke- empat klaster pemimpin dengan latar belakang akademisi.



"Empat klester tersebut, mencerminkan adanya keterwakilan beberapa sumber kepemimpinan yang layak dipertimbangkan untuk menjadi  talenta aneka posisi pemimpin Indonesia di masa kini dan masa yang akan datang,"ungkap Arief H. Thamrin, 

CEO Solutee.id PT Cahaya Hati Sukses selaku pemegang hak cipta Buku tersebut.




Banyak aspek kepemimpinan yang bisa diambil hikmah, contoh sukses, role model dan best practice dari para Inspiring Leaders dalam buku ini. Antara lain tentang gaya, Art, filosofi, wisdom, kiat manajemen kepemimpinan, baik dalam hal kajian akademis maupun praktis. 



Panelis buku itu antara lain, Abdul Kohar, News Director Media Indonesia, Arief H Thamrin, CEO Solutee yang berpengalaman sebagai juri di beberapa award dan mantan eksekutif  di 5 TV, Dr Yuliandre Darwis, Akademisi Pakar Ilmu Komunikasi mantan ketua KPI dan Mariani Ng, Trainer Leadership dan  Pemegang Sertifikat Mind Mapping dari Amerika Serikat. 



Para panelis memberikan ulasan dan analisa kepada 18 tokoh antara lain, dari klaster pejabat negara terdiri dari 5  tokoh yaitu, Yudo Margono, Panglima TNI 2022-2023, Dwi Sutjipto Kepala SKK Migas, Arief Adi Prasetyo Kepala Badan Pangan Nasional, Benny Ramdhani Kepala BP2MI yang menangani Pekerja Migran dan Usman Kansong, Direktur Jendral IKP Kementerian Komunikasi dan Informasi. 



Buku tersebut, juga mengulas Klaster Akademisi ada 5 tokoh, yaitu Arif Satria, Rektor IPB, Arisetyanto Nugroho, Rektor Universitas Mercu Buana 2010-2018, Rektor STIKOM Bali, Dadang Hermawan, Kepala BMKG dan mantan Rektor UGM Dwikorita Karnawati dan Anwar Sanusi, Sekretaris Jenderal Kementerian Tenaga Kerja dan juga aktif sebagai akademisi. 



Klaster pimpinan korporasi dalam buku itu ada 4 tokoh, yaitu Ketua DPP REI Joko Suranto, Ketua Apindo Shinta Kamdani, Bryan Tilaar Direktur Utama PT Martina Bertho Tbk dan Intan Abdams Katoppo, Direktur Transformaai dan Servis di PT Panasonic Gobel Internasional. 



Sedangkan klaster pemimpin daerah ada 4 tokoh, yaitu Danny Pomanto Walikota Makasar, Sabar AS Bupati Pasaman, Joune FE Ganda Bupati Minahasa Utara dan Dwi Indrotito Cahyono, Bakal Calon Bupati Malang. 




Joppy Senduk




×
Berita Terbaru Update