Notification

×

Iklan

Iklan

Harga Beras Naik, Pedagang : Tidak Ada Panic Buying

Senin, 26 Februari 2024 | 20:04 WIB Last Updated 2024-02-26T12:04:39Z
Pedagang Beras "Daeng" Dipasar Winenet Kota Bitung

BITUNG KOMENTAR, Meski harga beras mengalami kenaikan yang signifikan sepanjang tahun 2024 ini, namun situasi pasaran dibeberapa pasar kota Bitung masih normal dan terkendali. 


Keterangan pedagang dari Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) Kota Bitung, menyebutkan tidak adanya kelangkaan atau pola panic buying di masyarakat. 


Kondisi pasar sesuai keterangan APPSI masih normal, dan ketersediaan pangah dipasar rakyat relatif stabil dan tersedia. 


Tamrin Bandu, ketua komisariat APPSI pasar Winenet mengungkapkan , informasi dari sejumlah pedagang beras memang sudah menyentuh angka 16 ribu/kg. Sebagian besar harga merata untuk kelas premium. 


Pasokan juga masih tersedia, baik didatangkan dari Kotamobagu, Gorontalo, maupun makasar, ataupun didistribusikan oleh Bulog.


“ masih normal, tidak ada panic buying apalagi ada kesan kelangkaan. Ini memang secara masional berdampak, karena masalah musim saja “... Ungkap Tamrin. 


Hal senada disampaikan Daeng Sanra, pedagang beras pasar Winenet. Sebagai pasar terbesar di Kota Bitung, Daeng meyakini bahwa sirkulasi pangan terutama beras tetap terkendali, ditengah melambungnya harga beras secara nasional.

 

“ Kami pedagang eceran masih aman dan mudah mendapatkan beras, baik dipesan didistributor maupun langsung dari petani, meski dalam skala kecil”, Ungkap Daeng Sanra. 


Hal senada juga disampaikan Imran, pedagang beras di pasar Girian. Variasi harga itu hal biasa dan tidak mengakibatkan kelangkaan. 


“  Kami pedagang sudah berkali-kali melewati fase fluktuasi harga pangan yang ekstrem. Kenaikan harga ini jug mengakibatkan nilai modal kami bertambah, tetapi tidak memengaruhi Kapasitas Usaha. “, Ungkapnya yang mengakui kenaikan kali ini lebih disebabkan masalah pangan secara nasional. 


Kami juga pedagang, lanjut Imran, tidak seenaknya menaikkan harga beras, karena fluktuasi harga pangan ini berlangsung menyeluruh. Justru pedagang akan rugi jika menaikkan harga ditingkat eceran, karena banyak retail modern juga menjual beras, dengan selisih harga yang tipis. 


Berikut Harga Beras di Pasar Winenet Bitung, terpantau 26/02/04. 


1. Beras Makasar 16 Ribu/ Kg

2. Beras Super win 16 Ribu /Kg

3. Beras cempaka 15.750/kg 

4. Beras superwin langowan 15.500/kg

5. Beras ciliwung makasar 16 ribu/Kg. 

6. Beras Lotus 16 ribu/Kg

7. Beras anggur 15,500/kg

8. Beras tiga peluru 15.750/kg

9. Beras Tolait 16 ribu/Kg,


×
Berita Terbaru Update