Notification

×

Iklan

Iklan

Waketum APKASI Joune Ganda, Ikut Rapat Penyusunan RPJPD dan RPJPN 2025-2045

Rabu, 10 Januari 2024 | 01:41 WIB Last Updated 2024-01-09T17:41:03Z

JOUNE GANDA


MINUT KOMENTAR-Wakil Ketua  Umum (Waketum) Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI), Joune Ganda. SE. MAP. MM. M.Si, mengikuti rapat yang dilaksanakan oleh Sekretariat Jenderal Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. Selasa (09/01/2023).



Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) itu, dilaksanakan secara virtual.



Dijelaskan Joune Ganda, kegiatan yang diikuti oleh seluruh Bupati se-Indonesia itu, sangat penting karena menyangkut perencanaan pembangunan nasional dan daerah.




“RPJPD adalah dokumen perencanaan daerah untuk periode 20 tahun, sementara RPJPN adalah penjabaran visi dan misi serta program Presiden terpilih untuk 20 tahun ke depan. Jadi rapat ini sangat penting,” ungkap Joune Ganda yang juga Bupati Kabupaten Minahasa Utara ini.




Bupati pilihan rakyat Kabupaten Minahasa Utara itu berharap, penyelarasan susunan RPJPD dan RPJPN dapat mencapai tujuan pembangunan nasional dan daerah.




“Dengan harmonisasi antara RPJP Daerah Provinsi dan RPJP Nasional Tahun 2025-2045, diharapkan akan tercipta integrasi, keselarasan, konsistensi, dan sinergi dalam perencanaan pembangunan jangka panjang di tingkat Pusat, provinsi dan Kabupaten,” ungkapnya.




Selain diikuti oleh jajaran Pemerintah Kabupaten,  kegiatan tersebut juga dihadiri para pemimpin dari berbagai asosiasi pemerintahan, termasuk Asosiasi Pemerintahan Provinsi, Asosiasi Pemerintah Kota, Ketua DPRD Provinsi, Ketua DPRD Kabupaten Kota se-Indonesia.




Dewi Wenas


×
Berita Terbaru Update