Notification

×

Iklan

Iklan

Sebanyak 852 Redkar Minut Dapat Pembinaan Sejumlah Instansi

Rabu, 06 Desember 2023 | 23:52 WIB Last Updated 2023-12-07T09:35:47Z


MINUT KOMENTAR-Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Minahasa Utara (Minut) melakukan pembinaan kepada  Relawan Pemadam Kebakaran (Redkar) di Kolam Luis Pinori Swimming Pool Rabu (6/12/23).



Kadis Pemadam Kebakaran Usman. S.Sos, MM menjelaskan, kegiatan tersebut akan dilaksanakan selama dua hari dengan peserta Redkar dari 131 Desa dan Kelurahan di 10 Kecamatan. 



"Jadi, keseluruhan Redkar di Minut itu ada 852. Karena banyak maka kegiatan ini akan kami lanjutkan besok," ungkap Usman.



Dijelaskan juga olehnya, pada kegiatan itu menghadirkan narasumber dari Pemerintah Kabupaten, Ketua DPRD, BASARNAS, Dinas Damkar Manado, dan Polri. 



"Untuk materi yang akan diberikan sudah ada judulnya.  Sedangkan untuk besok pematerinya juga masih sama," ungkapnya.


Ditanya apakah ada batasan kuota untuk masyarakat yang akan menjadi Redkar. Usman menyebutkan bahwa ini tidak ada batasan.



"Jika ingin menjadi relawan tidak ada batasan jumlah siapa saja bisa. Akan tetapi redkar harus dilakukan pembimbingan terlebih dahulu seperti saat ini. Hal ini tentu akan mengurangi resiko salah dalam melakukan pemadaman," ungkapnya.




Para pemateri antara lain, Sekertaris Daerah dengan judul materi Pembentukan Redkar wujud komitmen pemerintah dalam melayani masyarakat selaras visi misi Bupati dan Wakil Bupati Minut. 


Selanjutnya, Ketua DPRD Minut judul materi 'Dukungan DPRD dalam upaya pemberdayaan masyarakat sebagai upaya penanganan dan pencegahan kebakaran. Dari BASARNAS judul materi 'Mengutamakan keselamatan petugas dan dasar-dasar penyelamatan. 


Dinas Damkar Manado judul materi 'Teori api dan teknik-teknik pemadaman.


Pemateri terakhir dari Polri dalam hal ini Polres Minut 'Peran Polri dalam upaya penanganan kebakaran, pencegahan, penanganan korban dan pengak aturan.



Dewi Wenas



×
Berita Terbaru Update