Notification

×

Iklan

Iklan

Terima "Best Practice" dari Kemenkes RI, Bupati JG: Dipersembahan untuk Masyarakat Minut

Kamis, 02 November 2023 | 23:00 WIB Last Updated 2023-11-04T01:53:13Z


JAKARTA KOMENTAR-Salahsatu visi Bupati Joune Ganda dan Wakil Bupati Kevin William Lotulung yakni mewujudkan pemenuhan tenaga medis dalam kaitan peningkatan sumber daya manusia di bidang  pelayanan kesehatan.



Program yang berjalan sangat baik itu, mendapat apresiasi dari pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Kesehatan RI yang menetapkan Kabupaten Minut sebagai penerima

 "Best Practice" dalam pemenuhan Tenaga Medis dan Tenaga Kesehatan di Fasyankes Pemerintah Daerah. 




Menariknya lagi, penghargaan tersebut merupakan satu-satunya di Indonesia yang diberikan kepada Pemkab Minut dimana penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin kepada Bupati Joune Ganda, SE. MAP. MM, M.Si bertempat di  Hotel Grand Mercure Kemayoyan Jakarta, Kamis (02/11/23).




Dihari yang sama, Dirjen Tenaga Kesehatan, Kementrian Kesehatan RI juga memberikan penghargaan kepada Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Minut dr. Stella Safitri yang mendapat kehormatan menjadi narasumber dalam seminar yang digelar Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan, Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.




Dalam pemeparannya, Stella Safitri mengangkat tema "Kolaborasi dalam mendukung transformasi SDM kesehatan untuk Indonesia Maju" lewat materi berjudul

"Best Practice Pemenuhan Tenaga Medis dan Tenaga Kesehatan di Fasyankes Pemerintah Daerah.





"Ini suatu kehormatan bagi kami diberikan kesempatan untuk memaparkan strategi dalam pemenuhan tenaga medis di Minahasa Utara. Raihan penghargaan ini adalah bagian dari komitmen  Bupati Bapak Joune Ganda dan Wakil Bupati Bapak Kevin William Lotulung dalam meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat," ujar Kadis Stella Safitri.




Lanjut dijelaskan Stella Safitri, materi yang dipaparkan dihadapan para Dirjen dan Direktur di Kementerian dan Lembaga Negara, adalah strategi Pemkab Minut melalui Dinas Kesehatan dalam pemenuhan dan penyebaran tenaga kesehatan dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. 



Sementara itu, Bupati Joune Ganda menyampaikan rasa syukurnya karena  Kabupaten Minut ditetapkan sebagai satu-satunya penerima penghargaan tersebut, karena berhasil melakukan pemenuhan SDM Nakes dan Dokter serta fasilitas kesehatan sampai di puskesmas-puskesmas yang ada di daerah terpencil dan terluar yang ada di wilayah Kabupaten Minahasa Utara.



Disisi lain, Bupati Joune Ganda mengaku bahwa penghargaan tersebut adalah hasil penilaian pihak Kementerian Kesehatan. Itu sebabnya Bupatuli JG mengaku kaget mendengar Kabupaten Minut sebagai penerima penghargaan tersebut.





" Tadi Ibu Kadis Kesehatan dalam talkshow, juga memberikan Best Practice yang diikuti oleh Stakeholder terkait termasuk dari Akademisi." Ujarnya. 




Dengan adanya penghargaan tersebut, Bupati menyampaikan ucapan terima kasih kepada Menteri Kesehatan dan jajaran yang telah melakukan penilaian obyektif sehingga Kabupaten Minut menjadi satu-satunya penerima penghargaan dari Kementerian Kesehatan RI.




Bupati mengaku bahwa program pemenuhan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam ham ini Tenaga Kesehatan (Nakes) dan Alkes lengkap di daerah terpencil adalah bagian dari implementasi visi pemerintah termasuk peningkatan sumber daya manusia di Kabupaten Minut.





"Saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pak Menteri karena telah melakukan penilaian terhadap program kami. Ini adalah implementasi dari sebagian visi misi kami. Penghargaan ini saya persembahkan untuk seluruh masyarakat Kabupaten Minahasa Utara yang telah ikut bersama-sama mendukung program pemerintah khususnya di sektor kesehatan,"tutup Bupati JG yang juga Wakil Ketua Umum (Waketum) bidang keamanan dan politik Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI)

Dewi Wenas

×
Berita Terbaru Update