Notification

×

Iklan

Iklan

Bupati Jemmy Kumendong Sebut BUMDes dan Stunting Program Prioritas Pemerintah yang Harus Diperhatikan

Selasa, 28 November 2023 | 20:27 WIB Last Updated 2023-11-28T12:27:11Z


MINAHASA KOMENTAR -
Penjabat Bupati Minahasa, Dr Jemmy Stany Kumendong MSi, membuka kegiatan percepatan pendaftaran BUM Desa dan Focus Group Discussion (FGD) percepatan penurunan stunting melalui perencanaan pembangunan desa dan kelurahan, Selasa (27/11/2023) di hotel Mercure. 


Bupati Jemmy Kumendong dihadapan para perwakilan pengurus BUMDes, menyatakan harapanya bahwa kegiatan tersebut dapat menghasilkan output dan outcome untuk mewujudkan profesionalitas manajemen BUM Desa serta optimalisasi percepatan penanganan stunting.

 

Ia mengatakan, saat ini telah memasuki tahun ke-9 Desa-desa di Minahasa mengelola dana desa yang bersumber dari APBN. 


"Total dana sekitar 1,4 triliun yang diterima, telah memberikan stimulan bagi akselerasi pembangunan infrastruktur pedesaan seperti, jembatan, gedung, jalan usaha tani, sarana prasarana olahraga dan lainnya yang mampu menghiasi wajah desa di Minahasa," ujarnya. 


Ia menyebutkan, program tersebut diimbangi dengan pemberdayaan masyarakat, peningkatan kapasitas dan keterampilan masyarakat desa, pemberian bantuan usaha ekonomi produktif, pengembangan BUMD, penanganan stunting, kualitas kesehatan dan pendidikan.


"Termasuk penanganan bencana alam dan non alam, serta berbagai inovasi yang menjadi prioritas harus dianggarkan setiap tahun. BUMDes dan penanganan stunting merupakan program prioritas pemerintah yang patut mendapat perhatian," kata Kumendong. 


Dalam kesempatan itu, Bupati mengecek langsung setiap perwakilan desa menyangkut persoalan penanganan stunting di lapangan. 


"Target prevalensi stunting nasional tahun 2024 sebesar 14 persen, sedangkan target Pemkab Minahasa sebesar 12 persen," ujarnya. 


Untuk itu, lanjut dia, diperlukan aksi yang dilakukan secara efektif, konvergen dan terintegrasi melibatkan lintas sektor, termasuk pemerintah desa melalui program dan kegiatan yang dapat didanai dari Dana Desa sesuai kewenangan Desa. 


"Anggarkan yang cukup untuk penanganan stunting tahun 2024, Camat dan perangkat desa harus perhatikan," ia menambahkan. 


Turut hadir: Kadis PMD Minahasa Arthur Palilingan, para Camat dan Hukum Tua se Minahasa. (nes) 

×
Berita Terbaru Update