Notification

×

Iklan

Iklan

Bimtek Siskeudes Online & Transaksi Non Tunai, Dibuka Bupati Minut Joune Ganda

Jumat, 10 November 2023 | 23:56 WIB Last Updated 2023-11-11T04:26:23Z


MINUT KOMENTAR-Bupati Minahasa Utara Joune J.E. Ganda, SE. MAP. MM. M.Si, Membuka Kegiatan Bimtek Penerapan Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES) online dan Transaksi Non Tunai Desa, Kamis (09/11/2023).



Seluruh Kumtua dikumpul bersama sekretaris desa dan bendahara dalam rangka Bimtek Penerapan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) Online dan Transaksi Non Tunai.




'Saya sudah keliling 389 kabupaten di Indonesia di 36 Provinsi, baru Minut, kabupaten yang menerapkan sistem ini. Hal ini juga tentu meningkatkan akuntabilitas dalam hal tata kelola keuangan desa untuk kesejahteraan masyarakat,” ungkap Lutfi.



Mendengar hal itu, Bupati Joune Ganda sangat senang. Bahkan berjanji akan terus melakukan terobosan untuk ciptakan terobosan tata kelola keuangan yang akuntabel.




"Tata kelola Keuangan di Minut ini diajarkan secara digital yang bekerjasama dengan Bank Sulutgo. Diharapkan para  Kumtua, Sekdes dan Kaur Keuangan serta perangkat desa lainnya mempelajari dari tunai ke nontunai. Dengan sistem yang ada, akan diketahui pembayarannya dan akan terrecord sehingga tersimpan jejak digitalnya,” kata Joune Ganda.




Kadis PMD Fredrik Tulengkey dalam laporannya, menyampaikan untuk pengelolaan keuangan desa Minut tertinggi di Sulut dengan angka 98,3 persen. Hal tersebut berdasarkan Monitoring Center for Prevention (MCP) KPK.




"Capaian ini tak lepas dari besarnya peran Bupati dan Wakil Bupati JG-KWL yang terus memotivasi dan mengarahkan seluruh ASN termasuk pemerintah desa untuk berperan aktif dalam meningkatkan akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan Desa,” ungkap Kadis Tulengkey didampingi Kabid Jerry Talumantak.




Sebagaimana diketahui, Bimtek ini diikuti oleh Kumtua dan Sekertaris Desa serta Kaur Keuangan di 125 Desa se Kabupaten Minahasa Utara dan akan berlangsung selama 4 hari sejak tanggal 9 hingga 12 November 2023 nanti.




Turut hadir Kepala Kejaksaan Negeri Airmadidi Yohanes Priyadi SH MH, Sekda Ir Novly Wowiling, Inspektur Stephen Tuwaidan yang menjadi narasumber memberikan materi terkait pengawasan pengelolaan keuangan Desa dan para Pejabat eselon II lainnya.


Dewi Wenas


×
Berita Terbaru Update