Notification

×

Iklan

Iklan

Reuni Gerakan Pramuka Gugus Depan 13-14 Manado Berlangsung Penuh Canda

Selasa, 24 Oktober 2023 | 23:30 WIB Last Updated 2023-10-25T01:52:13Z


 

MANADO KOMENTAR-Tidak kurang dari 30an orang mantan anggota Pramuka Gugus Depan 13-14 jebolan SMA Rex Mundi dan SMP Suster Pax Christi Manado, menggelar reuni sekaligus silaturahmi di Restoran Wahaha Manado, Selasa (24/10/2023).




Reuni yang juga dihadiri oleh Mayjen TNI Rano Tilaar itu, berlangsung sangat menarik lantaran diwarnai tawa dan canda antara satu dan lainnya.


foto istimewa (Mayjen Rano Tilaar)

Tidak hanya itu, dikesempatan setelah usai jamuan makan bersama, sejumlah anggota gerakan Pramuka diberikan kesempatan untuk menyampaikan pengalaman masing-masing.



Mayjen Rano Tilaar lalu menceritakan pengalamannya sewaktu masih menjadi anggota Pramuka Gugus Depan 13-14.

foto istimewa (Mayjen Rano Tilaar)


Dia menjelaskan bahwa kegiatan Pramuka tempo dulu ternyata menjadi modal saat dirinya mengikuti pendidikan militer di Akademi Militer pada tahun 90-an.



Menurutnya, mengikuti kegiatan Pramuka telah membentuk dirinya menjadi seseorang yang mandiri. Apalagi ketika mengikuti berbagai kegiatan perkemahan dibeberapa tempat, jauh dari kata manja, sebagaimana yang biasa dia rasakan saat bersama dengan Orang Tua serta dilayani oleh pembantu.




"Jadi kebersamaan kita tempo dulu khususnya dalam organisasi Pramuka membuat saya menjadi lelaki yang kuat sekaligus dapat menyusuaikan dengan berbagai kegiatan latihan dan operasi di medan penugasan sebagai seorang Prajurit TNI,"ungkapnya.


Mayjen TNI Rano Tilaar

Diakuinya bahwa Pramuka adalah dunia yang mengajarkan disiplin dan membentuk ketangguhan para anggotanya dalam kondisi apapun karena hal tersebut telah tercantum dalam Dasa Dharma Pramuka-nya.


"Saya jadi Perwira TNI bukan karena latar belakang militer didalam keluarga, tetapi justru karena dididikan dan tempaan didalam gerakan Pramuka,"ujarnya sambil meminta agar kita semua tetap menjaga ikatan kekeluargaan gerakan Pramuka yang sudah terbangun sejak masih SMP dan SMA.




Sementara itu, Denny Lahu yang juga salah satu anggota mantan Pradana gerakan Pramuka Gugus Depan 13, menyambut baik ajakan Mayjen Rano Tilaar untuk tetap menjaga kesatuan ikatan keluarga gerakan Pramuka.


Reuni gerakan Pramuka Gugus Depan 13-14 SMP SMP Pax Christi dan SMA Rex Mundi diakhiri dangan lantunan lagu dari sesama anggota dan kegiatan foto bersama.

Jose





×
Berita Terbaru Update