Notification

×

Iklan

Iklan

Pj Bupati Minahasa Jemmy Kumendong Tinjau ANBK di SD GMIM Toliang Kakas Barat

Senin, 23 Oktober 2023 | 14:00 WIB Last Updated 2023-10-23T06:26:51Z


MINAHASA KOMENTAR -
Pj Bupati Minahasa Dr Jemmy Komendong meninjau pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Tahun 2023, di SD GMIM Toliang Kecamatan Kakas Barat, Senin (23/10/2023). 


Pj Bupati Jemmy Kumendong mengatakan, ANBK merupakan program untuk mempersiapkan siswa menuju era digital.


Ia menjelaskan, ANBK dengan tiga instrument yakni, asesmen kompetensi minimum (AKM), survey karekter dan survey lingkungan belajar.


"AKM digunakan untuk mengukur literasi mambaca dan literasi matematikan para siswa," ujarnya.


Fungsi ANBK, kata dia, dirancang untuk menghasilkan informasi yang akurat agar dapat memperbaiki kualitas belajar dan mengajar sehingga akan meningkatkan hasil belajar siswa. 


Selanjutnya dia mengatakan, asesmen nasional bertujuan apa yang semestinya harus menjadi tujuan utama sekolah, yaitu pengembangan kompetensi dan karakter murid.


Ia menjelaskan, mutu satuan pendidikan atau sekolah yang dinilai dalam ANBK akan diukur menurut hasil belajar literasi, numerasi, dan karakter, lalu kualitas proses belajar mengajar, juga iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. 


Program ANBK, lanjut dia ,akan meningkatkan kualitas siswa, serta mengukur sejauh mana kemampuan siswa. 


Disamping itu, siswa juga sudah dipersiapkan agar dalam melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi mereka tidak akan kaget dengan adanya program komputerisasi yang akan digunakan di era digital.


"Anak-anak harus memiliki motivasi dan cita-cita. Sebab, semua pejabat yang ada saat ini bukan berasal dari sekolah mahal atau sekolah di perkotaan, namun bisa menjadi Bupati dan pejabat eselon II," ia menambahkan.


Turut hadir: Kadis Pendidikan, Kadis Sosial, Kaban Dipenda, dan Kadis Perikanan, Camat Kakas, Camat Kakas Barat serta Kepsek SD se-kecamatan Kakas Barat. (nes)


×
Berita Terbaru Update