Notification

×

Iklan

Iklan

Keluarga Ganda Davega Gelar Ibadah Kumawus Almarhumah Ibunda Vonny Maramis

Minggu, 17 September 2023 | 18:39 WIB Last Updated 2023-09-17T10:50:00Z


MINUT KOMENTAR-Keluarga Bupati Joune Ganda-Davega menggelar Ibadah Mingguan atau Kumawus atas meninggalnya Ibunda tersayang Alamrhumah Vonny Dengah Maramis yang dilaksanakan pada hari Minggu (27/09/2023) di Desa Kaima Kabupaten Minahasa Utara.



Dari pantauan wartawan komentar.co.id, sejumlah pejabat dari Pemkab, politisi hingga Kepolisian ikut menghadiri ibadah sebagai bentuk dukungan kepada keluarga setelah melewati kesedihan selama satu Minggu.




Para kepala SKPD yang hadir diantaranya, Drs. Robby Parengkuan, Maxi Wurara Sekretaris Daerah dan sejumlah politisi diantaranya Wakil Walikota Tomohon Wenny Lumemtut, Ketua Komisi III DPRD Sulut Berty Kapojos, Anggota DPRD Sulut Fabian Kaloh serta para staf khusus Pemkab Minut.




Bupati Minahasa Utara Joune Ganda. SE. MAP. MM. M.Si, menyampaikan ucapan terima kasih kepada para undangan yang berkenan hadir dalam ibadah Mingguan itu.


"Terima kasih kepada keluarga, para sahabat, politisi serta masyarakat yang sudah hadir dalam ibadah sekaligus mensuport kami keluarag,"ungkap Bupati Joune Ganda.





Kemudian setah itu, Bupati Joune Ganda menjamu para tamu undangan lewat santap kasih bersama di meja khusus yang sudah disiapkan.



Sebelum para tamu dan undangan meninggalkan kediaman Keluarga Bupati Joune Ganda-Davega, para tamu undangan berkenan melakukan foto berasama.




Diketahui  Ibadah Kumawus adalah salah satu tradisi yang ada di daerah Minahasa yang diciptakan oleh para leluhur untuk keluarga yang berduka.



Tradisi itu dilakukan hari minggu setelah jenazah dimakamkan dan dilaksanakan oleh keluarga yang berdukacita. 



Pelaksanaan tradisi itu dilaksanakan dalam bentuk Ibadah bersama dengan Jemaat dan masyarakat setempat dan setelah itu keluarga yang berduka menjamu para tamu undangan dengan makan bersama Kumawus menyimpan berbagai makna positif bagi keluarga yang berdukacita. 



Ibadah Mingguan atau Kumawus, konon adalah akhir dari pekabungan dari keluarga yang berduka.



Dewi Wenas


×
Berita Terbaru Update