Notification

×

Iklan

Iklan

Dialog Dengan Pedagang Korban Kebakaran Pasar Kanopi, Walikota Janjikan Sewa Gratis 3 Bulan Dilokasi Relokasi

Sabtu, 23 September 2023 | 20:58 WIB Last Updated 2023-09-23T16:11:00Z
Walikota Dan Forkopimda Dalam Kegiatan

BITUNG KOMENTAR - Pemerintah Kota Bitung memastikan tetap merelokasi puluhan pedagang korban kebakaran dikawasan Kanopi Pusat Kota. Rencananya, pasar rakyat Pateten akan dijadikan lokasi relokasi. 


Penegasan ini disampaikan Walikota Bitung Ir. Maurits Mantiri MM, dalam dialog bersama pedagang korban kebakaran, Organisasi Pedagang APPSI Dan IKAPPI serta Perumda Pasar, yang dihadiri jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah – Forkopimda, Diruang Sarundajang Kantor Walikota, (20/09/03). 


Dalam pertemuan itu Walikota berharap seluruh pedagang pasar membuka diri dan membangun paradigma berpikir jangka panjang, karena kawasan bekas lokasi kebakaran akan dibangun kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH), sesuai Perda Tata Ruang Dan Wilayah Kota Bitung. 


“ Pedagang harus membuka pemahaman agar pembangunan dikota Bitung berjalan baik, Kawasan Kanopi akan dibangun Ruang Terbuka hijau. Ini sesuai dengan perintah regulasi Peraturan Daerah” , Pungkas Walikota Maurits. 


Dia menambahkan, operasi penanggulangan bencana dan pemulihan pedagang tetap akan berjalan. Karenanya, Perumda Pasar Harus aktif menyikapi keluhan pedagang terkait relokasi dan penanganan pasca bencana. 


“ saya Minta Organisasi Pedagang APPSI Dan IKAPPI untuk bersama Perumda, berkoordinasi dalam rangka relokasi dan pemulihan pasca bencana”, Tegas Maurits.


Pada kesempatan itu, Walikota memerintahkan agar dalam rangka pemulihan usaha pasca kebakaran, maka biaya sewa dan jasa pasar selama 3 (Tiga) Bulan, dibebaskan dari pedagang dan intensifkan bantuan lainnya.

 

“ Saya minta Perumda membebaskan penagihan dilokasi relokasi selama 3 bulan, dan Dinas Perdagangan Siapkan bantuan mesin jahit kepada korban pedagang usaha Tailor, BPBD aktifkan pemberian bantuan 5 juta per pedagang, dan tetap salurkan sembako”, Ucap Maurits. 


Diketahui kawasan pasar kanopi pusat kota Bitung mengalami kebakaran hebat, mengakibatkan 109 pedagang kehilangan tempat usaha. Menurut data Perumda 78 korban dikawasan kanopi akan direlokasi ke pasar Pateten,  sementara sisanya korban diwilayah relokasi akan ditempatkan dipasar baru. 


Hadir dalam rapat tersebut unsur Forkopimda Ketua Pengadilan Negeri Rahmat Sanjaya SH.,MH., Kapolres AKBP Tommy B. Souissa SIK, Kasdim 1310 Bitung (Mayor) M. Pratasik, Kejari Fauzal SH.,MH, Sementara unsur pemerintah Hadir Sekretaris Daerah Ir. Ign. Rudi Theno ST.,MT, Asisten II Haji Sikamang, Kadis Perdagangan Oktavianus Tamaaka dan Pjs. Dirut Perumda Pasar Roy Tangkudung. ***


×
Berita Terbaru Update